Camat Kedokan Bunder Bersama Unsur Terkait Tertibkan Obat Syrup Anak Yang Masih Terpasang di Etalase

Indramayu,-GemilangNews.com- Adanya obat syrup anak yang ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) penyebab gagal ginjal akut bagi anak-anak, disikapi serius oleh Camat Kedokan Bunder Atang Suwandi.

Pada hari Senin (24/10/2022) Camat Kedokan Bunder bersama tim dari Pukesmas dan Polsek Kedokan Bunder langsung menertibkan dan monitoring peredaran obat syrup yang dilarang tersebut.

Sesuai Instruksi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) Pada Anak.

Berdasarkan monitoring di berbagai toko obat, apotik, dan mini market yang ada di Kecamatan Kedokan Bunder bahwa 5 (Lima) jenis/merk yang telah dilarang peredarannya oleh BPOM yakni: Termorex, Flurin DMP sirup, Unibebi Cough Syrup, Unibebi Demam Syrup, dan Unibebi Demam Drop, sudah tidak ditemukan di etalase toko obat/apotik/mini market. Jenis obat tersebut sudah disimpan dan tidak dijual+ belikan.

“Lima jenis obat tersebut saat ini sudah tidak ada di etalase. Stoknya masih ada namun sudah disimpan dan tidak dijual belikan oleh apotik atau toko obat lainnya. Bahkan+ apotik sudah memasang pengumuman tentang obat berbahaya tersebut dan yang belum saat ini sedang dalam proses,” tegas Atang Suwandi, Senin (24/10/2022).

Atang menambahkan, selain 5 (Lima) jenis obat syrup yang dilarang tersebut, untuk jenis obat syrup lainnya juga diminta untuk tidak dipasang di etalase sembari menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah.

“Sesuai petunjuk dari Bupati Indramayu, kami bersama Puskesmas dan Polsek melakukan penertiban dan meminta agar jenis obat yang dilarang maupun jenis obat syrup anak lainnya sementara ini tidak diperjualbelikan kepada masyarakat. Kami ingin anak-anak kita terlindungi dari kandungan zat yang berbahaya ini,” tegasnya Camat Kedokanbunder Atang Suwandi.

Penulis- Didi saputra
Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!