BPJS Satu! Mudah Dapatkan Informasi Langsung dan Solusi

Lampung Utara,-GemilangNews.Com-

Salah satu inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kepuasan peserta adalah dengan melakukan optimalisasi peran petugas Penanganan Pengaduan Peserta (P3) rumah sakit melalui BPJS SATU! (Siap Membantu) yang diluncurkan sejak Desember 2019. Kehadiran petugas BPJS SATU! disambut positif oleh masyarakat khususnya Peserta JKN-KIS rawat jalan maupun rawat inap di rumah sakit.

“Tugas utama kami selaku petugas BPJS SATU! adalah memberikan kemudahan, kepastian, dan kecepatan layanan kepada peserta dan masyarakat. Kami akan stand by berada di rumah sakit secara terjadwal dan secara proaktif akan melakukan customer visit kepada peserta yang ada di rumah sakit untuk memberikan informasi ataupun membantu peserta yang menghadapi kendala selama pelayanan,” ujar Petugas BPJS SATU! Yeni Eka yang ditemui oleh Tim, Senin (24/02).

Pembawaan Yeni yang ramah dan tanggap membuat peserta tidak segan menghampiri dirinya untuk meminta bantuan.
“Rata-rata masyarakat meminta informasi terkait tata cara pendaftaran dan membayar iuran, denda pelayanan, cara mendapatkan rujukan ke rumah sakit lain dan lain sebagainya. Bukan hanya saat berada di rumah sakit, ponsel saya juga harus selalu stand by mengingat banyak juga yang menghubungi saya via telepon untuk meminta informasi,” tambahnya.

Yeni bahkan mengaku pernah beberapa kali mendapatkan telepon dari petugas rumah sakit di waktu tengah malam. Walaupun mengusik jam tidurnya, tak pernah sekalipun ia berniat untuk tidak mengangkat telepon tersebut karena ia menyadari ini adalah bagian dari tugasnya sebagai petugas BPJS SATU!.

“Justru jika sampai menelepon di waktu yang kurang lazim biasanya ada sesuatu yang urgent sehingga membutuhkan konfirmasi dengan segera. Bersama dengan staf rumah sakit kami senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tujuan utamanya tentu agar kepuasan peserta meningkat,” ungkap Yeni.

Sehari-harinya Yeni bertanggung jawab untuk empat rumah sakit di Kotabumi yaitu RSD Mayjend HM Ryacudu, RS Handayani, RS Hi. M. Yusuf dan RS Medika Insani.
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Meivy Yanti yang ditemui di kesempatan berbeda mengatakan bahwa adanya Petugas BPJS SATU! di rumah sakit merupakan bukti bahwa BPJS Kesehatan telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan memastikan tersampaikannya informasi sekaligus terselesaikannya permasalahan Peserta JKN-KIS secara langsung.

“Petugas BPJS SATU! menggunakan rompi kuning khusus sehingga mudah dikenali. Kami harap masyarakat tidak ragu untuk meminta informasi ataupun menyampaikan pengaduan keluhan terkait JKN-KIS karena petugas BPJS SATU! siap membantu menyelesaikan permasalahan peserta,” ujar Meivy.(*)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: gemilangnews.com/2020/02/26/bpjs-satu-mudah-dapatkan-informasi-langsung-dan-solusi/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2020/02/26/bpjs-satu-mudah-dapatkan-informasi-langsung-dan-solusi/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!