Perpustakaan di Depok Sepi Pengunjung

DEPOK – GemilangNews.Com

Minimnya minat masyarakat terhadap perpustakaan umum milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang telah direnovasi sejak periode Nur Mahmudi Ismail pada waktu itu, menjadi salah satu persoalan yang harus segera ditindaklanjuti oleh seluruh pihak terkait dalam mencerdaskan masyarakat dan generasi penerus kota.

Guna mengatasi hal tersebut perlu adanya invoasi dari pemerintah setempat atas apa yang dimilikinya seperti menyelenggarakan kegiatan positif di tempat tersebut sehingga dapat memancing kembali minat masyarakat untuk membaca buku. Selain masyarakat, generasi penerus seperti siswa siswi sekolah juga perlu didorong dan dibiasakan untuk membaca sehingga dapat memperluas ilmu pengetahuan.

Pegawai Perpustakaan Kota Depok, Desi Noviyanti mengungkapkan bahwa dirinya selama bekerja di tempat tersebut mengaku kerap kedatangan pengunjung dari kalangan pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja, namun untuk tingkatan yang lebih diatasnya jauh dari kata banyak. Meski demikian, jumlah pengunjung yang datang pun juga masih jauh dari jumlah yang diharapkan.

Menurut informasi yang didapatkan, bahwa jumlah pengunjung gedung perpustakaan kota Depok pada saat hari hari biasa mampu tembus hingga 20 sampai dengan 30 orang. Namun jumlah tersebut dapat bertambah pada saat hari libur yang bisa mencapai 40 sampai dengan 50 orang pengunjung.

Minimnya jumlah peminat dan pengunjung perpustakaan diduga disebabkan oleh maraknya penggunaan perangkat canggih dan modern yang kini amat sangat digandrungi oleh kebanyakan orang termasuk kaum remaja dan para mahasiswa yang kerap mencari bahan atau informasi tentang kuliahnya dari internet yang mudah dan dapat digunakan kapanpun.

Oleh sebab itulah perlu adanya langkah langkah serius dari pemerintah setempat dalam mengelola sarana dan prasarana yang ada seperti gedung perpustakaan yang telah selesai direnovasi sejak periode Nur Mahmudi Ismail masih menjabat sebagai Walikota Depok yang telah menghabiskan dana anggaran cukup besar dalam pembangunannya.

Reporter: NSN

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI

error: Content is protected !!