Empat Rumah Warga Di Sukabumi Terancam Longsor

SUKABUMI-GemilangNews.com

Longsornya tebing setinggi 10 meter pada hari Minggu malam ( 3 / 4 ) lalu, empat rumah warga yang berada di Kp.Cikadu Rt.2 / 5 Desa Sukatani, Kecamatan Parakan Salak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terancam ikut terkena longsor.

Idih ( 53 ), warga setempat, mengatakan, tebing yang berada tepat di depan rumahnya itu mengalami longsor saat hujan lebat mengguyur pada minggu malam.

“Sekarang ini keberadaan rumah saya sangat rawan sekali, terlebih dari longsoran tanah hanya menyisakan jarak sekitar empat meter saja dari lantai depan rumah. Makanya ketika hujan turun, saya merasa was-was longsor menggusur rumah saya,” ungkapnya, saat ditemui dirumahnya kepada GemilangNews.Com,Senin ( 4 / 4).

Saat longsor terjadi pada jam 2.00 WIB dini hari itu, dirinya sedang tertidur di tengah rumah, lalu terdengar suara patahan kayu pagar tepat di sisi tebing yang longsor. Selain rumahnya, kata Idih, ada tiga rumah lainnya yang letaknya tidak jauh dari lokasi longsor.

“Dengan adanya kejadian ini, saya meminta kepada aparat Desa Sukatani dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, supaya tebing tersebut diperbaiki sehingga keberadaan empat rumah di atasnya bisa aman,” harap Idih.

Sementara itu, Sekdes Desa Sukatani,Suryadi, mengatakan, longsor tebing yang mengancam rumah pak Idih sudah dilaporkan pihaknya kepada kecamatan, dan diteruskan ke BPBD Kabupaten Sukabumi.

“Kami dari aparat desa sudah melaporkan kejadian tersebut, agar tebing longsor yang mengancam empat rumah warga di Kp.Cikadu tersebut bisa mendapatkan perhatian juga dari Pemda Kabupaten Sukabumi,” katanya.

Untuk saat ini, pihaknya menghimbau kepada pemilik rumah supaya lebih waspada lagi, terutama saat hujan turun. Bahkan Suryadi menyarankan segera mengungsi apabila hujan kembali turun dengan deras,untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan ujarnya.

Hal senada diungkapkan Sekmat Kecamatan Parakan Salak,Iman Sugiman kepada GemilangNews.Com bahwa setelah mendapatkan laporan dari desa,dirinya langsung mengecek ke lokasi kejadian,dan didata memang ada empat rumah yang terancam longsor,diantaranya rumah pak Idih,pak jajang,pak upay suparta dan rumah pak harun,dan untuk mencegah agar luas longsoran tidak besar,dirinya akan segera mengajukan permohonan bantuan ke BPBD kabupaten sukabumi,agar segera dilakukan pembenahan menggunakan Bronjong batu pungkasnya.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: gemilangnews.com/2016/04/04/empat-rumah-warga-di-sukabumi-terancam-longsor/ […]

JELAJAHI