BPJS KESEHATAN KOTABUMI EVALUASI KINERJA DAN KEPATUHAN MITRA KLINIK PRATAMA DAN DOKTER MANDIRI

Lampung Utara-GemilangNews.Com-

Kotabumi-Jamkesnews- Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama pada penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Koordinasi Bersama Dokter Praktik Perorangan (DPP) Dan Klinik Pratama Triwulan I Tahun 2020, Rabu (11/03).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Yeni Andriani mengatakan bahwa pertemuan ini rutin diselenggarakan dengan tujuan mendorong setiap fasilitas kesehatan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan mencapai target kinerja secara maksimal.

“Ini adalah pertemuan koordinasi bersama DPP dan Klinik Pratama pertama di tahun 2020. Salah satu agenda kegiatan hari ini adalah monev capaian KBK bulan November, Desember 2019 dan Januari 2020. Harapannya agar faskes terpacu untuk selalu memberikan mutu pelayanan terbaik agar target kinerjanya dapat tercapai, sehingga pembayaran kapitasi dapat dibayarkan penuh 100% tanpa dikurangi atau dikenal dengan Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK),” ujar Yeni.

Selain monev capaian KBK, dalam kegiatan kali ini juga disampaikan paparan hasil capaian kepatuhan faskes tahun 2019, rasio kunjungan dan rujukan tahun 2019, capaian KESSAN berbasis aplikasi Mobile JKN tahun 2019, sistem antrean online dan kegiatan Prolanis.

“Komitmen kepatuhan faskes terhadap regulasi yang diatur dalam perjanjian kerjasama dapat dilihat dari 2 indikator yaitu aspek kendali biaya yang berbobot 60% dan aspek kendali mutu yang berbobot 40%,” ujar Yeni.

Lebih lanjut Yeni menerangkan bahwa terdapat kenaikan target kepatuhan FKTP terhadap perjanjian kerjasama dan regulasi yang semula dengan target 83 poin di tahun 2019 menjadi 87 poin di tahun 2020.  Selain untuk mencapai target kinerja sesuai ketentuan Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK), dengan patuhnya faskes terhadap perjanjian kerjasama  dan regulasi tentu akan seiring dengan meningkatnya mutu pelayanan kesehatan sehingga target kepuasan peserta dapat tercapai.
Salah satu klinik yang capaian kepatuhan terhadap perjanjian kerja sama dan regulasi tahun 2019 di atas 90 poin adalah Klinik Al-Rayya Medika. Perwakilan dari Klinik Al-Rayya Medika, Septina mengatakan bahwa kliniknya akan terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat khususnya Peserta

JKN-KIS sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.
Hal senada juga diungkapkan oleh Bayu, perwakilan dari Klinik Trans Medika yang capaian kepatuhan terhadap perjanjian kerja sama dan Regulasi tahun 2019 mencapai 92 poin.

“Kami selalu berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat tanpa ada perbedaan perlakuan. Semua prosedur harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Bayu.(Rilis)