Kerja Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor Mandul

CIGOMBONG-Gemiilangnews.com.

Komitmen Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Bogor soal pemberantasan bangunan tak berizin alias ilegal makin sulit tercapai. Buktinya, puluhan vila ilegal di wilayah Kecamatan Cigombong, hingga saat ini masih tegak berdiri tanpa tersentuh hukum. Upaya pembiaran ini pun menuai kecaman semua kalangan aktivis lingkungan, bahkan LSM TIPIKOR Anwar RS menuding Polisi Pamong Praja (POL PP) di Kabupaten Bogor tidak punya nyali alias hanya omongan saja. ” Kenapa bisa dibiarkan. Dimana fungsi POL PP sebagai kepanjang tanganan Pemkab Bogor dalam menegakan peraturan daerah?,” kata dia kepada gemilangnews.com.

Harusnya, tambah dia, POL PP mengambil langkah tegas dengan melayangkan surat teguran bukan berdiam diri. Sebab, kondisi ini akan menimbulkan asumsi negatif dari masyarakat. ” Jangan sampai ada asumsi kalau vila-vila ilegal itu dipelihara,dan jadi atensi Satpol PP Kabupaten Bogor,karena yang seharusnya fungsi dan tugas POL PP menindak dan bisa membuktikan, jangan hanya berani membongkar lapak PKL saja,” imbuhnya.

Lebih jauh Ia menuturkan, para pemilik vila ilegal itu jelas telah melanggar Perda Kabupaten Bogor Nomor 8 Tahun 2006 tentang Ketertiban Umum, Perda Nomor 12 tentang Bangunan Gedung, Perda Nomor 30 tentang Retribusi Perijinan Tertentu, Perbup Nomor 63 Tahun 2013, tentang Ijin Mendirikan Bangunan Gedung (IMBG). ” Komitmen Bupati Nurhayanti terkait pemberantasan bangunan ilegal tidak mungkin berhasil, jika aparatur dibawahnya diduga main mata dengan pemiliknya,” tuturnya.

Sebelumnya, menurut Kasi Trantib Cigombong, Somantri menjelaskan jika diwilayahnya terdapat puluhan bangunan vila tak berizin dan berencana pihak dari Kabupaten akan melakukan surat teguran sekalian pemanggilan terhadap pemiliknya, namun hingga saat hal itu urung dilakukan.kata somantri.

“Dan kalo pihak kami sebagai Kasi trantib kecamatan cigombong siap nunggu kabar dari pihak kabupaten.karena dengan begitu Banyaknya vila-vila ilegal yang harus di segel disini perlu pasukan POL PP dari kabupaten.mungkin Untuk saat ini masih sibuk dengan urusan lain” tandasnya.(EF)