Tak Tinggal Diam, Babinsa Sertu Bangsawan Angkat Bicara terkait Serangan DBD di Desa Binaan

Lampung Utara-Gemilangnews.com- Babinsa Koramil 412-09/Abung Selatan Kodim 0412/Lampung Utara Sertu Bangsawan lakukan Pendampingan kepada Tim Nakes UPTD Puskesmas Kali Balangan dalam rangka Sosialisasi 3M Plus dan PSN di Desa Abung Ratu Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara Rabu, 28/02/2024 Pukul. 10.00 Wib.

Kegiatan Sosialisasi itu merupakan Wujud UPTD Puskesmas setempat bersama Koramil 412-09/ABS melalui Babinsa dalam mengentaskan angka Penularan Penyakit DBD yang Akhir Akhir ini sudah banyak yang terdampak.

Seperti yang terjadi di Desa Binaa Babinsa Sertu Bangsawan melaporkan, RT 3 Dusun 3 Desa Ratu Abung Pasien Perempuan (Lansia Ibu JM 57 Tahun) yang terdampak Penularan DBD masuk RS CMC Candimas, pertanggal 11/02 hingga kini 28/02 masih dirawat dan 1 orang lagi sudah mulai berangsur membaik.

Babinsa Sertu Bangsawan berharap, di musim penghujan ini, warga masyarakat untuk tetap selalu menjaga akan kebersihan lingkungan sekitaran rumah, dan tidak membiarkan air yang tergenang. “Urainya”.

Untuk itu, Kita berharap banyak kepada warga, untuk selalu menjaga faktor kebersihan lingkungan, tidak membiarkan air tergenang, menjaga Pola Makan yang Higienis dan bergizi. Disamping itu, dirinya berharap juga kepada warga untuk menjaga kondisi kesehatan dengan Rajin berolahraga dan meminum Vitamin.”Ujarnya”.

Hal senada disampaikan Tim Kesehatan bahwa, 3M Plus, yaitu Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air, Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak Nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) merupakan upaya paling efektif untuk memberantas penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). DBD itu sendiri adalah penyakit Infeksi akibat virus yang menular melalui gigitan nyamuk.

Penyakit ini menular ketika nyamuk pembawa virus Dengue menggigit penderita demam berdarah, kemudian menggigit orang yang sehat. Penyakit ini menimbulkan gejala demam tinggi, sakit kepala, serta nyeri tulang dan otot. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah berisiko mengancam nyawa.”ujarnya”.

Lanjutnya Tim Kesehatan, Nyamuk penyebab demam berdarah biasanya aktif dan menggigit pada pagi dan sore hari. Nyamuk ini biasanya hidup di genangan air yang tenang dan dasarnya bersih, seperti genangan air di ban mobil, sampah plastik, tadah air di dispenser, bak mandi, atau tempat minum hewan.

Mari kita laksanakan pencegahan DBD melalui 3 M plus (Menutup, Menguras, Mengubur) Plus memelihara ikan pemakan jentik, menggunakan Loution anti Nyamuk, menyemprot obat nyamuk, menggunakan Abate, dll.

Juga dengan rajin kerja bakti dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di wilayah tempat tinggal maupun sekolah dan tempat kerja secara rutin 1 minggu sekali. Segera ke dokter jika ada anggota keluarga yang mengalami gejala DBD.”Terangnya”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pihak UPTD Puskemas Kali Balangan, Maya Kusuma Dewi.S.KM., Fitri putri kanker .Amd.Kep., Khaironi S.kep.Ns.M.kes., Rini Olivia.Amd KL., Pihak Desa Ratu Abung yang diwakili Kaur Perencanaan Ibu Nindy, Babinsa Sertu Bangsawan dan Warga.(*)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!