Supervisi Tim Pamatwil Polda Kalbar di Polres Sanggau Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024..

Tim Pamatwil Polda Kalbar melaksanakan Kegiatan Supervisi dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Kegiatan dihadiri oleh Tim Pamatwil Polda Kalbbar untuk Polres Sanggau dan Polres Sekadau Kombes Pol Dolly Arimaxionari P, S.H, S.I.K, MH beserta anggota Tim, Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, Pasi Intel Kodim 1204/Sgu Kapten Inf Sapto Wiyono, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Sanggau, Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto, Komisioner Bawaslu Kabupaten Sanggau Candra Apriansyah, S.Sos, Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, PJU Polres Sanggau dan Kapolsek Jajaran.

Dalam sambutannya Kapolres Sanggau melaporkan perkembangan situasi secara umum di Wilkum Polres Sanggau dalam keadaan aman dan terkendali.

“Hasil monitoring terdapat 6 Kecamatan yang sudah terdampak banjir namun telah terjadi penurunan debet air sehingga sampai dengan kemarin tinggal 3 kecamatan yang masih terdampak namun kondisi air sudah terjadi penurunan,” ungkapnya.

AKBP Suparno menjelaskan terkait dengan prakiraan cuaca akan dilakukan monitoring dan di update setiap harinya, jika sampai dengan H-2 pelaksanaan Pemilu masih terdapat lokasi banjir di TPS sudah disiapkan alternatif pemindahan TPS ke tempat yang aman dari banjir.

“Tahapan kampanye setiap hari di laporkan ke Polda dan pada hari Kamis tanggal 25 Januari 2034 terdapat 21 rencana kegiatan kampanye dialogis / pertemuan terbatas dengan estimasi massa sekitar 50 s/d 100 Orang,” ungkapnya.

“Tahapan setting, checking dan packing logistik pemilu dialihkan ke Gor Indoor Bujang Malaka mengingat cukup luas dan bisa menampung kegiatan seting logistik serta dekat dengan Polres Sanggau,” tukas Kapolres Sanggau.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Sanggau menyampaikan terkait tahapan pengelolaan logistik sampai dengan hari ini proses packing yaitu memasukkan logistik kedalam kotak suara bertempat di Gor Bujang Malaka.

“5 jenis surat suara pemilihan umum sebanyak 1.836.605 surat suara dan telah dilakukan proses sortir dan lipat dengan melibatkan masyarakat sanggau sebanyak 250 orang, dalam proses lipat dan sortir dalam keadaan aman dan terkendali,” ungkap Martinus Sumarto.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Sanggau dan jajaran dalam hal ini telah melakukan pengawalan dan pengamanan rangkaian pendistribusian logistis pemilu dari pontianak sampai ke gudang logistik maupun dari gudang sampai ke Gor Bujang Malaka, setiap pergeseran selalu dikawal oleh pertugas dari Kepolisian.

Martinus Sumarto mengatakan Pergeseran logistik dari Kabupaten ke Kecamatan dimulai pada tanggal 1 Februari 2024, untuk teknis pergeseran akan dilakukan rapat koordinasi kembali dengan melibatkan PPK dan Kepolisian.

“Dalam pergeseran logistik pemilu yang menjadi prioritas pertama pelaksanaan distribusi Kecamatan Kapuas, Kecamatan Meliau, Kecamatan Jangkang, Kecamatan Tayan Hilir, Kecamatan Entikong dan Kecamatan Toba kemudian dilanjutkan dengan kecamatan lainnya,” tukasnya.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Sanggau dalam kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan Kampanye dialogis/terbatas maupun rapat umum dari bulan Desember 2023 s/d saat ini terdapat 207 giat kampanye (ada yang memiliki STTP dan ada beberapa tanpa dilengkapi STTP Kampanye).

“Bawaslu sudah menghimbau kepada peserta pemilu yang melaksanakan kegiatan kampanye wajib dilengkapi dengan STTP dari Kepolisan,” ungkap Candra Apriansyah.

Dirinya juga mengaakan bahwa aampai dengan saat ini terdapat 1 temuan dan 3 laporan yang masuk ke Bawaslu dan sudah diselesaikan di Sentra Gakumdu.

“Ada beberapa indikator TPS rawan berdasarkan pemetaan Bawaslu meliputi internet, rawan banjir, daerah yang akses sulit/jalan rusak, setelah dipetakan akan di diskusikan dengan KPU,” tukasnya.

Sementara Kombes Pol Dolly dalam kesempatan tersebut menanyakan kepada KPU Kabupaten Sanggau terkait dengan jumlah ketersediaan logistik surat suara yang sudah masuk di KPU Kabupaten Sanggau.

Dirinya juga meminta kepada Kabag Ops Polres Sanggau agar menerangkan terkait Pola Pengamanan yang dilakukan serta petakan lokasi TPS yang tidak mempunyai sinyal / blank spot.

Adapun tanggapan dari KPU yakni terkait dengan lokasi TPS yang tidak mempunyai sinyal KPU telah memetakan lokasi yang tidak memiliki sinyal, jika tempat yang tidak memiliki sinyal untuk input data akan menggunakan aplikasi sirekap offline.

“Untuk Update terakhir Surat Suara yang diterima di Kabupaten Sanggau diantaranya PPWP sebanyak 367.321 lembar + 1.000 lembar untuk persiapan PSU, DPD RI sebanyak 367.321 lembar, DPR RI sebanyak 367.321 lembar, DPRD Provinsi Kalbar sebanyak 367.321 lembar dan DPRD Kabupaten Sanggau sebanyak 367.321 lembar,” tukas Martinus.

Dilaksanakan kegiatan Supervisi Tim Pamatwil Polda Kalbar di Polres Sanggau dalam rangka memastikan persiapan pengamaman Polres Sanggau dalam Pemilu Tahun 2024.

#Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M. #Kabidhumas Polda Kalbar,

Kapolda Kalbar, Kabidhumas Polda Kalbar, Polda Kalbar, Polresta Pontianak Kota, Polres Mempawah, Polres Singkawang, Polres Sambas, Polres Bengkayang, Polres Landak, Polres Sanggau, Polres Sekadau, Polres Sintang, Polres Melawi, Polres Kapuas Hulu, Polres Ketapang, Polres Kubu Raya, Polres Kayong Utara,

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!