Polres Malinau Gelar Apel Operasi Lilin Kayan 2023 Dalam Menyambut Nataru

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Dalam rangka memastikan pengamanan yang optimal selama perayaan Natal Tahun 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024 (Nataru), Kepolisian Resor (Polres) Malinau melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kayan 2023 bertempat dihalaman apel Mapolres Malinau, Kamis (21/12).

Mewakili Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., pelaksanaan Apel Gelar Pasukan pagi ini dipimpin Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Malinau KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H., yang dalam kesempatan ini turut dihadiri unsur Forkopimda atau yang mewakili, para Pejabat Utama (PJU) Polres Malinau dan seluruh peserta Apel Gelar Pasukan dari jajaran TNI-Polri serta berbagai instansi terkait dan tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan pagi ini diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Pimpinan Apel yakni Wakapolres Malinau KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H., yang dilanjutkan dengan penyematan pita tanda Operasi Lilin Kayan 2023 kepada perwakilan dari personel Subden Pom AD Malinau, Satlantas Polres Malinau dan Satpol PP Kabupaten Malinau.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang dibacakan oleh Pimpinan Apel KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H., menyampaikan bahwa Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024.

“Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan sehingga dapat tercipta ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Personel pengamanan gabungan yang dilibatkan sebanyak 129.923 personel terdiri dari personel Polri, TNI, serta personel yang berasal dari instansi terkait yang tersebar di 1.668 Pos Pengamanan, 670 Pos Pelayanan dan 113 Pos Terpadu yang telah disiapkan untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,” ucap Wakapolres Malinau

Sementara itu usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Kabag Ops Polres Malinau IPTU Siswandoyo, S.Sos., menambahkan kegiatan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan pada pagi hari ini yakni dalam rangka Operasi Lilin Kayan 2023 untuk pengamanan menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selama pengamanan, Polres Malinau bersinergi dengan jajaran TNI, Pemerintah Daerah dan berbagai instansi terkait lainya yang nantinya akan fokus mengamankan beberapa titik vital seperti gereja, objek wisata dan objek vital yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang yang ada diwilayah Kabupaten Malinau.

“Dalam pengamanan yang berlangsung selama 12 hari ini ada beberapa titik yang menjadi Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Pos Pelayanan (Pos Yan), yang pertama ada di Taman Jajok Malinau Seberang, kemudian di Pelabuhan Speed, Terminal Malinau Kota dan yang terakhir di Bandara Robert Atty Bessing. Tempat pengamanan selanjutnya yaitu gereja-gereja yang berada di Kabupaten Malinau yang mana dari 15 Kecamatan setiap gereja nantinya akan dilakukan pengamanan oleh personel TNI-Polri dan juga instansi terkait seperti dari Satpol PP, Dishub, BPBD dan instansi terkait lainnya. Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin Kayan 2023 merupakan tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah Natal dengan khidmat serta merayakan Tahun Baru dengan penuh rasa suka cita,” tutup Kabag Ops Polres Malinau. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!