Perangi Hoak Jelang Pemilu 2024, Polres Malinau Gelar Tatap Muka Saat Jum’at Curhat Bersama Tokoh Masyarakat

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang menjadi tema agenda Jum’at Curhat yang dijalankan Kepolisian Resor (Polres) Malinau hari ini.

Langkah proaktif tersebut digelar untuk meningkatkan silaturahmi bersama elemen masyarakat maupun diskusi publik bersama para Tokoh dalam rangka mewujudkan kondusifitas Kamtibmas diwilayah hukum Polres Malinau.

Seperti halnya pada siang ini, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom didampingi PS. Kaurbinopsnal Satbinmas AIPDA Andi Ashar dan PS. Kanitbinpolmas AIPDA Homaidi, S.H., melaksanakan tatap muka bersama Tokoh Masyarakat Suku Tidung Kabupaten Malinau H. Pangeran Bangsawan bertempat di RT.03 Desa Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Jum’at (15/12).

Dalam sambutannya, Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom menjelaskan bahwa Jum’at Curhat yang dijalankan secara intensif ini merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat serta memberikan wadah untuk menyampaikan keluhan, saran dan masukan terkait berbagai persoalan yang terjadi dilingkungan masyarakat.

“Kegiatan Jum’at Curhat ini menjadi sarana dalam menyerap aspirasi masyarakat, menampung keluhan, saran dan masukan dari masyarakat terkait Kamtibmas sekaligus memastikan partisipasi dan kontribusi positif masyarakat menjelang Pemilu 2024. Jadi Pak Bangsawan, dalam momentum ini kami hadir untuk membuka selebar-lebarnya pintu komunikasi dalam hal apapun untuk kebaikan bersama-sama demi Kamtibmas diwilayah kita ini,” ujar IPTU Maruli Gultom

Menyambut kegiatan Jum’at Curhat ini, H. Pangeran Bangsawan mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kasat Binmas Polres Malinau bersama anggotanya yang sudah sudi berkunjung ke kediamanya untuk bertatap muka dan dialog langsung untuk membangun silaturahmi dan memberikan himbauan-himbauan terkait keamanan wilayah.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali bisa bertukar pikiran dengan aparat keamanan dari Polres Malinau. Jadi saya disini mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas kunjungan pihak Kepolisian dan juga telah memberikan himbauan-himbauan tentang Pemilu yang damai. Kami berharap pihak Kepolisian juga tetap melaksanakan kegiatan kunjung Tokoh, merangkul para Tokoh-Tokoh lainya yang ada diwilayah Malinau sehingga nantinya situasi wilayah kita lebih sejuk lagi dalam menghadapi tahun politik mendatang. Terkait permasalahan yang ada disini saya rasa tidak ada, semua berjalan kondusif dan tentram dengan penuh kekeluargaan, akan tetapi kami juga meminta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan ini tetap dijalankan bila perlu ditingkatkan seperti patroli pada jam-jam malam hari untuk meminimalisir adanya niat pelaku kejahatan, khususnya saat masyarakat sedang istirahat malam. Saya H. Pangeran Bangsawan mengajak semua pihak untuk bersama untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Malinau khususnya di tahun politik ini. Semoga juga kinerja jajaran Kepolisan dalam menjaga keamanan Kabupaten Malinau ini menjadi ladang amal ibadah yang diberkahi Allah SWT, aamiin,” ucap H. Pangeran Bangsawan

Penyampaian tersebut ditanggapi IPTU Maruli Gultom yang dalam kesempatan tersebut juga meminta kepada Tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat lainya apabila mengetahui sekecil apapun permasalahan maupun uneg-uneg yang memerlukan solusi yang terjadi dilingkungan masyarakat agar segera disampaikan ke pihak Kepolisian baik melalui peran Bhabinkamtibmas maupun kantor Kepolisian terdekat.

“Dengan adanya kegiatan Jum’at Curhat ini sangat berpengaruh positif dalam mempererat hubungan silaturahmi dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan elemen masyarakat lainya dalam menyaring berbagai informasi, masukan dan saran dari masyarakat guna keberlangsungan situasi yang aman, kondusif serta sebagai sarana langsung menampung aspirasi. Terkait penyampaian H. Pangeran Bangsawan tadi kami akan tindaklanjuti, dengan meningkatkan patroli malam baik dari jajaran Polres maupun Polsek, terutama di lokasi-lokasi yang dijadikan tempat berkumpul masyarakat. Jadi sekali lagi kami disini juga membutuhkan dukungan dari masyarakat lewat peran aktif dalam menjaga Kamtibmas untuk menekan tindak kriminalitas khususnya pada malam hari. Kami dari pihak Kepolisian mengharapkan dukungan penuh dari semua elemen masyarakat yang ada untuk mensukseskan dan mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai,” terang IPTU Maruli Gultom

Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom berharap, dialog dua arah antara Kepolisian dengan Tokoh dan elemen masyarakat yang gencar dilaksanakan ini diharapkan mampu membangun ikatan silaturahmi, sehingga segala bentuk uneg-unega warga disampaikan dalam momen ini.

Dan yang terakhir, IPTU Maruli Gultom juga menghimbau masyarakat dalam hal pentingnya penguatan strategi komunikasi publik menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024 yang diminta untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang dan diharapkan memverifikasi lebih dahulu informasi yang beredar di Medsos, karena berdasarkan analisa sebaran informasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondusifitas daerah.

“Kita harus menjaga suasana kondusif selama proses Pemilu berlangsung. Pemilu adalah hak demokratis setiap warga negara, dan kita harus menghormati pilihan masing-masing tanpa merugikan persatuan kita. Pesan dan himbauan kami kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu juga berita Hoax yang dapat memecah belah masyarakat menjelang Pemilu serentak 2024, sebelum menyebarluaskan tentunya di teliti dan di saring terlebih dahulu kebenarannya. Melalui kegiatan ini, semoga nantinya terjalin kerjasama yang baik antara aparat Kepolisian dan masyarakat untuk menciptakan suasana yang kondusif dan damai menjelang, pada saat dan pasca Pemilu 2024,” tutupnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!