Polres Sekadau Gelar Tactical Floor Game untuk Pengamanan Pemilu 2024

SEKADAU, Polda Kalbar – Polres Sekadau menggelar Tactical Floor Game (TFG) sebagai persiapan strategi pengamanan Pemilu tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di aula Bhayangkara Patriatama setelah apel gelar pasukan operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024.

Hadir dalam kegiatan, Kapolres Sekadau AKBP Suyono, Wakapolres Kompol Hoerrudin, Kabag Ops Kompol Samsul Bakri, Kapolsek jajaran, para Kasatgas dan Kasubsatgas Operasi Mantap Brata Kapuas, dan juga dihadiri personel TNI.

Kapolres Sekadau AKBP Suyono menjelaskan bahwa TFG yang diselenggarakan oleh Polres Sekadau merupakan simulasi untuk menggambarkan pengamanan tahapan Pemilu tahun 2024.

“TFG ini juga merupakan bagian dari kegiatan operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024 di Polres Sekadau. Masing-masing Kasatgas dan Kasubsatgas memaparkan langkah-langkah dan strategi pengamanan,” ujar Kapolres, Senin (17/10/2023).

Dalam TFG ini terdapat enam satgas, yaitu Preemtif, Preventif, Kamseltibcarlantas, Gakkum, Humas, dan Ban Ops, yang masing-masing memiliki peran, tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawab.

Kabag Ops Polres Sekadau, Kompol Samsul Bakri, menjelaskan bahwa dalam simulasi ini, tahapan Pemilu digambarkan dari situasi aman hingga eskalasi menjadi rawan dan sangat rawan.

Terjadi ketidakpuasan dari sekelompok massa terhadap hasil Pemilu, yang kemudian melakukan unjuk rasa di kantor penyelenggara Pemilu. Oleh karena itu, Kasatgas, Kasubsatgas, dan personel operasi Mantap Brata siap melaksanakan pengamanan hingga situasi terkendali.

“Kegiatan Tactical Floor Game ini juga menjadi platform untuk berdiskusi, berkoordinasi, dan menyusun strategi pengamanan yang efektif demi menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu,” jelas Kompol Bakri.

“Kegiatan ini sangat penting untuk melatih respon dalam menghadapi berbagai situasi dan ancaman yang mungkin terjadi selama pemilu berlangsung,” tambahnya. (Ar)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!