Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H Tahun 2023, Kapolres Bengkayang Gelar Jum’at Curhat

Bengkayang, Kalbar – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. menggelar kegiatan bertajuk Jum’at Curhat dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H Tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung pada Jum’at (23/6/23) pagi, di Warung Bude Suryati tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres dengan dihadiri Pju Polres Bengkayang, Wakil Ketua MUI Kab. Bengkayang H. Mauliddin, Kemenag Bengkayang Plt. Binmas Islam Sy. Ardani zeban, Pengurus Mesjid Jami Bengkayang Sufriayatin.

Dalam pembukaannya, Kapolres menyampaikan mengenai rangkaian perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah Tahun 2023 yaitu penyembelihan hewan kurban agar dilakukan pengecekkan secara maksimal untuk mengantisipasi adanya penyakit yang muncul seperti di tahun lalu di Kota Singkawang terdapat penyakit mulut dan kuku.

“Pemilihan hewan kurban yang sehat tentunya perlu kita perhatikan, agar nanti hewan yang akan disembelih tidak membawa penyakit bagi seseorang yang mengkonsumsi daging tersebut,” ujar Kapolres.

Lebih dalam Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya juga menyelenggarakan Kurban Presisi dalam rangka Hari Bhayangkara yang ke-77, yang mana selain daging dari hewan kurban juga ditambahkan beras untuk dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk saat ini, ada empat ekor sapi dan empat ekor kambing yang telah terkumpul. Dalam pembagian Hewan Kurban akan kami padukan dengan Program Kurban Presisi, yaitu dengan membagikan daging Kurban beserta penambahan 5 kg beras,” pungkasnya.

“Agar didatakan dengan baik terhadap penerima Kurban ini, pastikan kondisinya memang membutuhkan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pembagian Kurban Presisi tersebut,” tambah Kapolres.

Dikesempatan itu, Wakil Ketua MUI Kab. Bengkayang H. Mauliddin ikut menyampaikan mengenai penyakit PMK yang berkemungkinan dapat menyerang hewan kurban.

“Untuk PMK ini, teman saya di Dinas Pertanian sudah menawarkan kepada semua Masjid, Surau, Kantor atau siapa saja yang ingin memotong hewan kurban untuk diperiksa terlebih dahulu,” kata H. Maulidin.

“Untuk pihak kesehatan siap untuk memeriksa kondisi hewan yang akan dikurbankan, namun mereka menolak apabila hewan kurban tersebut tidak terdaftar. Semoga pihak PHBI Kab. Bengkayang dapat segera mengirimkan data hewan kurban tersebut,” jelasnya.

Adapun mengenai Sholat Idul Adha, Polres Bengkayang telah membuat rencana pengamanan dan menyiapkan personel untuk ditempatkan dibeberapa masjid yang menyelenggarakan Sholat.

“Untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha di Kabupaten Bengkayang ini akan dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 28 Juni dan tanggal 29 Juni 2023. Tentunya kami sebagai pihak keamanan siap memberikan pengamanan selama jalannya Sholat berlangsung,” sampai Kapolres.

“Semoga rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Adha tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, tentunya kami mohon kerja sama dari stakeholder dan pihak terkait lainnya sehingga terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Bengkayang,” tutup Kapolres.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!