Polres Purwakarta Gelar Latihan Dalmas Jelang Pemilu 2024

PURWAKARTA – Persiapan menghadapi Pemilu 2024 dan aksi lainnya di wilayah Kabupaten Purwakarta, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) di Lapangan Mapolres Purwakarta, pada Senin, 5 Juni 2023.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Samapta, AKP Asep Kusmana mengatakan latihan dalmas tersebut untuk meningkatkan kemampuan para anggota dalam menghadapi aksi unjuk rasa serta kesiapan dalam keadaan genting.

“Latihan yang dilakukan tersebut meliputi latihan inti Dalmas. Jadi para personil ini diingatkan terkait cara penggunaan perlatan dan tahapan serta strategi pengendalian massa. Agar personil siap bila ada terjadi ancaman demo dan lain sebagainya,” ucap Asep, pada Senin, 5 Juni 2023.

Dijelasaknya, Latihan Dalmas tersebut dibagi menjadi dua, latihan Dalmas inti dan Krangka Dalmas yang terdiri dari kompi gabungan untuk memperkuat Dalmas itu sendiri.

“Pelatihan pengendalian massa dimulai dari latihan dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan dari helm, tongkat, serta tameng,” ucap Asep.

Ia mengatakan rangkaian latihan sudah digelar secara intensif. Berbagai sistem pengamanan massa, dari tingkatan yang paling ringan hingga kemungkinan terjadinya aksi anarkis dan kekerasan, sudah harus bisa diantisipasi.

Asep menyebut, pelatihan tersebut bertujuan melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya.

“Latihan Dalmas inti ini untuk mengantisipasi pengamanan massa dalam menghadapi Pemilu nanti. Persiapan antisipasi jika terjadi demo massa, baik pada tahapan pemilu maupun pasca pemungutan suara ataupun aksi lainnya di wilayah Kabupaten Purwakarta,” Ucap AKP Asep Kusmana, Kasat Samapta Polres Purwakarta Polda Jabar.

Purwakarta, Senin, 5 Juni 2023.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!