Jajaran Kepolisian Polres Subang dan dinas instansi terkait terus melakukan pencarian anak hilang di Kalijati

Gemilangnews Polres Subang–Hari ini, Selasa (2/5/2023), Kapolres Subang bersama jajaran dan Tim Gabungan dari BPBD, Tagana, Satpoldam, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pom AU, Relawan dan juga pihak lainnya, terus berjibaku mencari hilangnya ananda Dariel Geuisan tersebut.

Kapolres Subang, AKBP. Sumarni yang terjun langsung dalam pencarian mulai pukul 08.30 Wib, memimpin langsung kegiatan pencarian anak hilang di Kampung Cikaso Desa Kalijati Timur, atau di Wilayah Hukum Polsek Kalijati Polres Subang.

“Pencarian Ananda Dariel ini akan kami fokuskan di beberapa tempat, baik di perkebunan, semak belukar, jurang, kolam kolam, sumur, bangunan bangunan kosong dan juga perairan yang berdekatan dengan lokasi tempat tinggal korban ,” ujar Sumarni.

Bahwa kejadian anak hilang tersebut, hari Senin (24/4/2023), sekitar pukul 11.30 wib, Haerudin dan Kurniasih (orang tua korban) sedang membersihkan bagian dalam rumah yang hendak di beli (dalam proses pembelian). Sementara anaknya, Dariel Geisan Rafasa (3), (anak yang hilang) sedang bermain di sekitar halaman rumah menggunakan kaos singlet putih dan celana abu bau bergaris. Sekira pukul 13.30 Wib Ibu korban An. Kurniasih mencari di sekitar halaman rumah dan meminta tolong kepada suami serta keluarganya untuk mencari namun korban tidak ditemukan. Bahwa keluarga tersebut sedang mudik dari Jakarta ke Kalijati dengan menumpangi Avanza bersama 9 orang keluarganya. Saat kegiatan bersih bersih rumah, ananda Dariel masih terlihat bermain hilir mudik dari teras kemudian masuk ke rumahnya sambil mengambil biskuit. Di Sekitar lokasi rumahnya juga banyak saudara saudaranya yang ada namun tidak begitu memperhatikan aktivitas korban secara intens. Saat ibu Kurniasih menyadari anaknya sudah tidak terlihat, kemudian meminta bantuan untuk melakukan pencarian.

Setelah pencarian di hari pertama dengan melibatkan banyak pihak tidak membuahkan hasil, selanjutnya pencarian anak hilang tersebut dilanjutkan di hari kedua, dan di fokuskan di beberapa titik pencarian diantaranya, penyisiran kembali ke lokasi kebun warga, sumur dan sampai ke kompleks perumahan sekitar TKP.

“Kami juga menggunakan Anjing pelacak K-9 dari Brigan POM AU dari titik awal anak hilang sampai kebun bambu sekitar TKP,” ungkap Kapolres Subang. Yang kemudian dilanjutkan bantuan dari Unit Satwa dari Dit Samapta Polda Jabar dengan 1 (satu) Anjing pelacak dipimpin Kanit Pol Satwa Ditsamapta Polda Jabar Iptu Novian Yuga Prama dan 2 anggota Satwa Dit Samapta Polda Jabar, pengendusan anjing pelacak mulai dari TKP rumah tinggal dan menyusuri area kebun warga sekitar TKP dengan radius ± 200 meter dari TKP sampai titik terakhir berhenti di sisi perairan sungai Cibodas.

Pada hari Jum’at tanggal 28 April 2023 mulai pukul 10.00 Wib bertempat di sekitar TKP Anak Hilang dan Sepanjang Muara Sungai Ciasem telah dilakukan upaya pencarian kejadian anak hilang TKP Dusun Cibodas Kampung Cikaso Rt.028/008 Desa Kalijati Timur Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang dengan perkembangan informasi adanya temuan mayat anak/balita terbawa arus Sungai Ciasem dengan melibatkan dari Tim Tanggap Bencana dari BPBD Kabupaten Subang dipimpin Didin Tajudin, TAGANA, Relawan KRI (Komunitas Rekawan Independent) dan Warga sekitar Muara Ciasem. Namun karena kondisi cuaca hujan dan arus deras, tim tidak berhasil menemukannya.

Sementara itu, untuk Perkembangan kegiatan pencarian lanjutan, hari Selasa, (2/5/2023), Kapolres Subang bersama Personel Sat Reskrim Polres Subang, Kapolsek Kalijati dan anggota, Perwira Polres Subang, Kepala BPBD Kab. Subang beserta Tim, Tagana, Rescue, Personel TNI AD dan AU, Relawan KRI (Komunitas Rekawan Independent) dan Warga sekitar Muara Ciasem, Cikaum, Blanakan Subang melaksanakan Pencarian kembali Anak Hilang di Kp. Cikaso Desa Kalijati dengan di bagi 3 TIM yaitu :

  • Tim Tagana bersama Rescue di fokuskan untuk mencari di lokasi Kolam lumpur, Kolam air, termasuk Sumur-sumur yang ada di sekitaran rumah korban.
  • Tim dari Polres Subang (Sat Reskrim, Bhabinkamtibmas Polsek Kalijati, beserta Personel Polres Subang) menyusuri jalur darat dan menanyakan ke masyarakat sekitar, dikhawatirkan anak tersebut berada/bersembunyi di rumah warga. Kemudian melakukan pelacakan pelacakan lainnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  • Tim BPBD Kab. Subang dan Sat Samapta Polres Subang difokuskan menelusuri aliran sungai Cibodas, Cijengkol, Sindang sari, bendungan Cimacan, sampai dengan titik akhir muara Ciasem. Para Kapolsek jajaran juga dikerahkan untuk membantu proses pencarian di wilayahnya masing masing.

Selanjutnya, Kapolres Subang juga menegaskan untuk semua Tim yang terlibat agar semuanya Fokus dalam proses Pencarian, dan untuk Tim BPBD, Rescue, Tagana, yang terjun ke lokasi Sungai, sumur agar dilengkapi dengan pengamanan diri.

“Selain melaksanakan Pencarian ananda Dariel, kami juga memerintahkan tim Sat Reskrim Polres Subang untuk mengecek dan melakukan penyelidikan kemungkinan anak tersebut di bawa oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab” tutup Kapolres Subang.

Bagi warga masyarakat yang mengetahui keberadaan ananda Dariel, bisa menghubungi No kontak 081383990086.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!