Antisipasi Kepadatan di Arus Balik Lebaran 2023, Polres Purwakarta Tambah Pasukan.

PURWAKARTA – Guna mengantisipasi kemacetan, Polres Purwakarta, Polda Jabar kembali menurunkan personel tambahan sebanyak 40 anggota untuk pengamanan momen Arus Balik Lebaran 2023.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, puluhan personel tersebut akan fokus untuk pengamanan di Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dari KM 72 hingga KM 82.

“Kita lakukan penambahan personel yang awalnya 90 personel ditingkatkan menjadi minimal 136 personel pengamanan arus balik khusus di Tol Cipali. Dan pasukan akan kita ploting hari ini,” Ucap Edwar, usai apel pergeseran pasukan, Pada Senin, 24 April 2023.

Selain menambah jumlah personel di Tol Cipali, Kapolres menerangkan telah menyiapkan CB (cara bertindak) dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang melintas Kabupaten Purwakarta saat arus balik nanti.

“Untuk mengurai kepadatan yang mungkin akan terjadi, maka dari itu kita harus mempersiapkannya dengan matang,” Sebut Edwar.

Tak lupa, Edwar juga mengucapkan terima kasih atas pengamanan arus mudik lebaran 2023, secara umum lancar dan sukses.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mentaati aturan dan mengikuti imbauan pemerintah sehingga mudik relatif lancar dan sukses. Saya juga berterima kasih kepada para personel Polres Purwakarta yang telah siap siaga dalam melayani masyarakat pada saat arus mudik,” ucap Edwar.

Kapolres menyebut, keberhasilan arus mudik secara keseluruhan tidak lepas dari strategi yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Tak hanya itu, sambung Edwar, lancarnya masa mudik juga berkat koordinasi dan kerja sama antara instansi terkait. Dia berharap pada saat arus balik nanti soliditas dan sinergi tetap terjaga dengan baik.

“Alhamdulillah secara umum pengamanan arus mudik lebaran berlangsung lancar dan sukses. Nah, saat ini kita persiapkan pengamanan menghadapi arus balik lebaran. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat pada saat arus balik berjalan dengan lancar aman dan terkendali,” Ucap Edwar.

Ia menambahkan, Polres Purwakarta juga menambahkan 22 unit kendaraan untuk pembersihan atau sweeper kendaraan yang berhenti di baju jalan tol.

“Bertambahnya kendaraan sweeper menjadi 14 unit Ranmor Lantas dan 8 unit Ranmor Samapta. Total ada 22 unit,” kata Edwar.

Selain bertugas untuk menyapu pengendara yang berhenti di baju jalan, ia mengatakan, petugas nantinya juga akan membuat pagar betis di bahu jalan bila volume kendaraan mulai meningkat.

Dirinya juga mengatakan, titik kemacetan di Tol Cipali terjadi di rest area KM 81A dan KM 81B yang masuk di wilayah Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

“Dengan adanya penambahan personel ini, kami harap tidak terjadi lagi kemacetan yang panjang seperti pada arus mudik kemarin. Polres Purwakarta akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang melintas di wilayah Kabupaten Purwakarta,” ucap AKBP Edwar Zulkarnain.

Purwakarta, Senin, 24 April 2023

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!