Polres Kuningan Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2023 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/Tahun 2023.

Polres Kuningan Polda Jabar melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di Halaman Mapolres Kuningan, Senin (17/04/2023).

Apel pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2023 yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wib ini sihadiri oleh dengan Wakil Bupati Kuningan Bp H Acep Purnama, S.H.,M.H,Bupati Kuningan H. ACEP PURNAMA., S.H., M.H., didampingi oleh Kapolres Kuningan AKBP WILLY ANDRIAN, S.I.K., S.H., dan Dandim 0615 Kuningan LETKOL INF BAMBANG KURNIAWAN, SE.,MA, Ketua DPRD Kab. Kuningan Nuzul Rachdy, S.E Ketua Pengadilan Negeri Kuningan Lusiana Amping, S.H., M.H, Waka Polres Kuningan Kompol Ricky Adipratama, S.H., S.I.K., M.M., Kalak BPBD Kab. Kuningan Indra Bayu Permana, S.STP, Para PJU Polres Kuningan, Para Kapolsek wilkum Polres Kuningan.

Bertindak selaku Pimpinan Apel yaitu Bupati Kuningan didampingi Kapolres Kuningan dan Dandim 0615 Kuningan, Komandan Apel Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Vino Lestari, S.I.K dan Perwira Apel Kabg Ops Polres Kuningan Kompol Endang Kusnandar, S.H.,M.H.

Gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2023 ini, dilakukan untuk memastikan kesiapan dalam pengamanan seluruh rangkaian Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Untuk peserta apel gelar pasukan tersebut diikuti juga dari instansi lain siantaranya anggota TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Petugas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, PMI dan instansi terkait lainnya.

Sebelumnya dilakukan pengecekan pasukan oleh Pimpinan Apel dengan didampingi Kapolres, AKBP Sumarni, Dandim 0605 Letkol Inf Bambang Raditya serta unsur Forpimda. Selain itu juga diserahkan secara simbolis peralatan dan obat-obatan untuk petugas yang akan bertugas.

Pimpinan apel membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Sigit Sulistyo menegaskan Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk mengoptimalkan pengamanan melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Untuk susunan acara tersebut antara lain Komandan apel memasuki lapangan apel, Pimpinan apel memasuki lapangan apel, Penghormatan kepada Pimpinan apel, Laporan Komandan Apel, Penyematan pita tanda Ops Ketupat Lodaya 2022 , amanat Pimpinan apel Pembacaan doa, Penghormatan kepada pimpinan, Apel gelar pasukan selesai.

”Operasi ini telah diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) tanggal 10 sampai dengan. 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi Ketupat Lodaya 2023 sampai dengan 9 Mei 2023,” kata Kapolres Kuningan.

Lebih lanjut Kapolres Kuningan mengatakan operasi ini melibatkan personil yang terdiri dari unsur TNI,Polri,Satpol PP, Perhubungan dan LLAJ, Basarnas, BMKG, Jasa Raharja,Tenaga medis, dan organisasi mitra Kamtibmas lainnya dengan jumlah peesonil total 765.

Personil ini nantinya akan di tempatkan di Pos terpadu Taman Kota, Pos Yan Terminal Keetawangunan dan Ciawigebang, Pospam Bojong, Pospam Tugu Ikan, Poapam Panawuan dan Poapam Darma serta 43 Poa gatur.

Lebih lanjut Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, S.H, S.I.K menjelaskan, sesuai prediksi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia tahun ini akan ada lonjakan pada arus mudik dari 85.5 Juta orang menjadi 123.8 Juta orang atau sekitar 44.8 persen dari tahun 2022 karena sudah tidak lagi ada pembatasan-pembatasan kegiatan masyarakat seperti tahun lalu.

Kapolres Kuningam berharap masyarakat dapat memenfaatkan pengamanan yang disediakan untuk kepentingan pemudik dan menghimbau semua masyarakat untuk membwntu mengamankan lingkungnna sendiri, pungkas Kapolres.

#KPOLRES KUNINGAN,KUNINGAN,KAPOLRES KUNINGAN, KALBAR

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!