Mikro Organisme Lokal, Dapat Membantu Meningkatkan Pendapatan Petani

Polres Banjar – Polsek Pataruman Polres Banjar Polda Jabar, Para Bhabinkamtibmas pembuatan MOL Buah ( pupuk untuk penggemburan tanah serta mempercepat keluar Buah ) melaksanakan kegiatan pembuatan MOL nasi atau bakteri untuk pengurai bahan organik sehingga menjadi kompos.

Pembuatan MOL nasi tersebut dilaksanakan di Lingkungan Mako Polsek Langensari dan dipimpin oleh Kanit Binmas Aipda Aep Kustiadi, Jum’at ( 17/03/2023).

Ditempat yang sama Kapolsek Langensari AKP Yudy Ristiyanto, S.H menjelaskan
Siapkan bahan berupa Air cucian beras 4 liter, air kelapa 2 liter, bonggol pisang (bahan bisa menggunakan bonggol pisang, rebung, buah maja) sebanyak 1 kg dan molases atau tetes tebu Gula sebnyak 200 ml.

Ditambahkanya setelah bahan terkumpul baru di campurkan jadi satu dan di simpan di dalam toples yang sudah di kasih selang udara yang masuk ke dalam botol yang ada air nya supaya tidak bau.

Setelah itu simpan selama 14 hari atau maksimal 20 hari dan setalh itu di masukan ke dalam wadah yang kedap udara suapaya awet.

Kemudian Mol buah bisa di gunakan di simpan kedap udara selama 2 tahun lebih untuk penyemprotan ke tanah di disekitaran tumbuhan nya setelah sudah mendekati akan berbuah atau usia tumbuhan sudah sekitar 40 hari.

Kegiatan ini akan disosialisasikan oleh para Bhabinkamtibmas kepada masyarakat sesuai dengan arahan dari Kapolres Banjar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tentang dan mengaplikasikan.

Sementara itu Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,S.H,S.I.K,M.M melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Banjar Aipda Nandi Darmawan, S.H menyampaikan apresiasinya atas kegiatan pembuatan MOL buah yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Langensari.

” Semoga ke depannya para Bhabinkamtibmas ini bisa memberikan ilmu tentang pembuatan MOL buah ini kepada warga yang berada di wilayah Desa Binaannya, ” ucap Aipda Nandi.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!