Kemenparekraf Anugerahi Desa Cangkingan Sebagai Desa Wisata Digital

Indramayu,-GemilangNews.com- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menganugerahi Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder sebagai Desa Wisata Digital tahun 2021.

Piagam penghargaan ditandatangani langsung Menteri Sandiaga Uno dan diserahkan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A kepada Kuwu Cangkingan Didi Wahyudi, pada pembukaan Bazar Kampung Ramadhan, Senin (4/4/2022).

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar menjelaskan, dengan penghargaan yang diberikan ini merupakan bukti desa mampu untuk menggali berbagai potensi baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Penghargaan yang diberikan diharapkan dapat menjadi pemacu bagi daerah lainnya di Kabupaten Indramayu untuk terus mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Sementara itu Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi menjelaskan, branding Desa Cangkingan sebagai #DesaDigital harus terus berkembang. Bahkan berbagai peluang yang ada bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Dengan mengembangkan Desa Wisata Digital, Desa Cangkingan bisa menjadi tujuan wisata baru di Kabupaten Indramayu. Wisata yang ditawarkan bisa berupa edukasi digital, enterpreuner digital, jelajah desa digital, dan bentuk lainnya.

Atang menambahkan, dengan mengembangkan Desa Wisata Digital, Desa Cangkingan pada saat bersamaan juga bisa mengembangkan ekonomi kreatif dengan melibatkan masyarakat melalui pola pemberdayaan.

“Kita harus bersinergi bersama dengan semua pihak agar program Lebu Digital atau Ledig yang merupakan program unggulan Bupati Indramayu ini bisa dirasakan bersama. Bukan hanya Desa Cangkingan, kita support desa lainnya juga. Saat ini kami juga tengah siapkan Desa Kedokanagung sebagai desa wisata dengan memaksimalkan peran BUMDes, semoga tujuan kita untuk mewujudkan Kedokanbunder Hebat Indramayu Bermartabat bisa segera terealiasi,” tegas Atang.

Kuwu Cangkingan, Didi Wahyudi mengatakan, pihaknya siap untuk melaksanakan Desa Wisata Digital dengan mengembangkan ekonomi kreatif. Konsep yang ditawarkan oleh Desa Cangkingan yaitu edukasi dan pelatihan digital.

Selain itu, pihaknya juga saat ini tengah menyiapkan paket wisata digital bagi yang akan berkunjung ke Desa Cangkingan. Paket wisata digital ini nantinya akan mengkolaborasi wisata dengan tujuan ke pemerintah desa, edukasi dan pelatihan, hingga oleh-oleh produk UMKM Desa Cangkingan.

“Dukung kami untuk terus membawa Desa Cangkingan berkibar di kancah nasional. Kami siap menjalankan desa wisata digital dengan pengembangan ekonomi kreatif,” tegas Kuwu Cangkingan Didi Wahyudi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Indramayu, Trinani Rochaeningsih menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap desa wisata di Kabupaten Indramayu.

Pada tahun 2021 lalu desa yang mendapatkan anugerah desa wisata dari Kemenparekraf yakni Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder, Desa Ujunggebang Kecamatan Sukra, dan Desa Cikawung Kecamatan Terisi.

Penulis- Didi saputra

Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you will find 38458 additional Information on that Topic: gemilangnews.com/2022/04/08/kemenparekraf-anugerahi-desa-cangkingan-sebagai-desa-wisata-digital/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!