Kakimal Lampung Berikan Pemateri Dalam Kegiatan Sosialisasi Bela Negara di SMA Hangtua Prokimal

Lampung Utara- GemilangNews.Com- Kakimal Lampung Letkol Laut (Kh) Sri Depranoto, S.Ag., M.Pd. Berikan Pemateri dalam kegiatan Sosialisasi Bela Negara yang bertema Peran Pemuda dan pelajar dalam bela negara yang di laksanakan di SMA Hangtua Prokimal Kabupaten Lampung Utara. Senin (31/8/2020)

Hadir pada acara tersebut Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol. Anang Triarsono, S.I.K., M.Si, Letkol Laut (KH) Sri Depranoto, S, Ag., M.Pd., Kapolres Lampung Utara, AKBP Bambang Yudho Martono, S.I.K., M.Si., Dandim 0412/LU Letkol Inf. Hari Prabowo, S.E., Siswa-Siswi SMA Hangtua Prokimal.

KaKimal Lampung Letkol Laut (KH) Sri Depranoto, S.Pd., M.Pd., dalam sambutanya mengatakan, “Pengertian Bela Negara adalah sebuah konsep yang di susun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut, dan Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang di jiwai oleh kecintaanya kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya,”
Kata Kakimal Lampung

Ditambahkannya, arti penting pembelaan negara ; sebagai syarat berdirinya suatu negara, untuk melindungi kedaulatan negara, untuk mempertahankan keutuhan wilayah negara, untuk semua warga negara agar memiliki kewajiban dan hak yang jelas dalam ikut serta pembelaan terhadap negara.

Alasan bela negara ; menghormati dan menghargai para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan, ingin memajukan negara, mempertahankan negara jangan sampai dijajah kembali, meningkatkan harkat dan martabat bangsa di mata dunia internasional.

“Wujud bela negara bagi pemuda dan pelajar; lingkungan keluarga : memahami hak dan kewajiban dalam keluarga, lingkungan sekolah : patuh pada aturan sekolah, berkata dan bersikap baik, bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, tidak ikut taura, lingkungan masyarakat : aktif dalam kegiatan masyarakat, rela berkorban untuk kepentingan masyarakat, lingkungan berbangsa dan bernegara : menghormati jasa pahlawan, berani mengemukakan pendapat, melestarikan adat dan budaya asli daerah”. Pungkasnya.(*)

JELAJAHI