Menag Menetapkan 1 Ramadhan 1440 H Jatuh Pada Hari Esok

JAKARTA-GemilangNews.com

Pemerintah di pimpin Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim menetapkan 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada hari esok hari pada, Senin (6/5). Rangkaian sidang di mulai dengan pemaparan posisi hilal oleh tim hisap dan rukyat.

Menag, menghimbau untuk saling menghormati dan menjaga persatuan. “Harapan kita bersama bahwa Ramadhan tahun ini bisa kita masuki secara bersama, mudah-mudahan ini adalah cerminan. Mudah-mudahan setiap kita bisa saling menghormati satu sama lain dalam memasuki dan menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan ini,” kata Lukman, Minggu (5/6), saat acara jumpa pers Sidang Isbat Awal Ramadhan 1440 H, di Kantor Kemenag, Jl. MH Thamrin, Jakarta.

Lukman berharap semangat ini, juga mencerminkan persatuan dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa menciptakan kedamaian. Mudah-mudahan Ramadhan memotivasi kita agar senantiasa menebarkan kedamaian.

“Dan memotivasi kita agar kita membangun kerukunan di tengah keragaman. Pada akhirnya Ramadhan mampu membuat kita merawat dan menjaga persaudaraan kita sesama anak bangsa di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Tim Hisab dan Rukyat, Cecep Nurwendaya, mengatakan pemantauan hilal dilakukan di 102 titik Rukyatul Hilal dari 34 provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan pemerintah ialah rukyat.

“Rukyatul Hilal dilakukan di 102 titik Rukyatul Hilal dari 34 provinsi di wilayah Indonesia. Pemaparan berlangsung kurang lebih selama 45 menit. Setelahnya Sidang Isbat akan dimulai sekitar pukul 18.15 WIB diawali salat magrib berjemaah di Masjid Kementerian Agama, untuk memberi pengumuman resmi dari pemerintah soal tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriah,” kata Cecep.

Sidang dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, imam besar Istiqlal Nasaruddin Umar, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, PP Muhammadiyah, ormas-ormas Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan beberapa Duta Besar negara sahabat. (dade)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: gemilangnews.com/2019/05/05/menag-menetapkan-1-ramadhan-1440-h-jatuh-pada-hari-esok/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2019/05/05/menag-menetapkan-1-ramadhan-1440-h-jatuh-pada-hari-esok/ […]

  3. … [Trackback]

    […] There you can find 70351 additional Info to that Topic: gemilangnews.com/2019/05/05/menag-menetapkan-1-ramadhan-1440-h-jatuh-pada-hari-esok/ […]

  4. … [Trackback]

    […] There you will find 69294 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2019/05/05/menag-menetapkan-1-ramadhan-1440-h-jatuh-pada-hari-esok/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!