Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Provinsi Sumsel

PALEMBANG-GemilangNews.Com

Digelar nya pembukaan rapat koordinasi tim koordinasi penataaan ruang daerah(TKPRD)Provinsi Sumsel dihotel Exelton Palembang berjalan lancar.(27/11/2018)

Kasi wilayah 1Subdit Pertanahan dan Tata Ruang Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Dundun A Rozak menjelaskan Provinsi Sumsel  Sebagai Tindak Lanjut dari amanah Permendagri No.116 tentang kordinasi penataan ruang.Jadi urusan tata ruang yang merupakan urusan lintas sektor didaerah ini ada beberapa OPD yang mengurusi terkait.Contohnya PUPR,Dinas Pertanian,Kehutanan dan sebagainya itu memerlukan ruang untuk bersinergi antara 1 dengan lainya.

Dia menuturkan Dalam hal ini produk 1 wadah namanya tim koordinasi daerah sehingga akan membantu Gubernur dalam mengambil keputusan atau kebijakan yang terkait pemanfaat ruang,”ungkapnya.

Ditempat yang sama seusai acara  Kabid Tata Ruang PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Faustino Do Carmo menjelaskan  “Terkait  dengan Tim Koordinasi Penataaan Ruang Daerah dan kita adakan 1Tahun 2kali  hasilnya untuk jadi masukan kebijakan pemerintah kepala daerah.

Dalam hal ini Masukan-masukan yaitu Terkait beberapa isu-isu1)Kecepatan PK Kabupaten Kota2)Kapasitas SDM Tata Ruang Kabupaten Kota3) Percepatan penyusunan RDTR untuk sebagai dasar OSS perijinan terpadu satu pintu.

Dan dimulai pada kebijakan pusat jadi kedepanya semua perijinan dasarnya RDTR dimasukan dalam sistem ketika ijin masuk di  overlay  ijin dulu sesudah tata ruang baru dikeluarkan ijin.

Kalau Untuk sumsel  kan masih minta pembentukan masing-masing PTSP dari tiap provinsi membentuk tim untuk OSS. Tapi kita belum satu pun RDTR yang tersusun.Untuk Kabupaten Kota kan diwajibkan menyusun RDTR kabupaten kota,untuk Kecamatan Kabupaten paling  lambat 3 tahun setelah Perda mereka ditetapkan,”paparnya.

Lebih lanjut dia menambahkan Mengenai anggaran  tergantung Kabupaten Kota tapi ini bantuan dari pusat. “Sumsel tidak dapat untuk percepatan RDTR dari pusat menganggarkan 2 Milyar  per RDTR.Dan ini  untuk prioritas untuk lokasi-lokasi investasi tinggi kan dibantu pusat insyaaallah tahun depan Sumsel dapat,”pungkasnya. (Putra)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you will find 82082 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2018/11/27/tim-koordinasi-penataan-ruang-daerah-provinsi-sumsel/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2018/11/27/tim-koordinasi-penataan-ruang-daerah-provinsi-sumsel/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Here you will find 58976 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2018/11/27/tim-koordinasi-penataan-ruang-daerah-provinsi-sumsel/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!