Latpres Perdana Batara Enterprise

BOGOR-GemilangNews.Com

Suatu perlombaan atau apapun jenisnya pasti ada juri yang menilai dan pasti juga ada standar penilaiannya, begitu pula dengan lomba kontes burung berkicau.

Jum’at (14/04) pukul 13.00 WIB di Jln.Sukamulya Surya Kencana belakang RS.Vania Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor,
terdengar sorak sorai dari peserta lomba burung berkicau serta nyaring suara dari bermacam jenis burung yang dilombakan.

Para Pecinta burung yang mulai memenuhi arena lomba, disamping harus berkonsentrasi membentuk gacoannya agar tampil bagus juga harus mengetahui apa saja Kriteria Dasar Penilaian Lomba Burung Berkicau.

Ada beberapa kriteria dasar yang harus diperhatikan diantaranya, irama dan lagu, volume dan suara serta fisik dan gaya.
Irama lagu yang baik adalah irama yang lengkap, membentuk keserasian bunyi yang harmonis,selain itu burung harus rajin melantunkan irama yang memukau selama mengikuti perlombaan.

Volume dan suara disini bukan menitikkan pada kerasnya atau powernya tetapi lebih menitikkan pada kualitas suara burung tersebut, seperti kemerduaannya tidak cempreng, bersih dan tidak parau serta bersuara lantang,  mengenai fisik dan gaya penilaian dilihat secara langsung, artinya saat mengikuti lomba burung harus dalam keadaan sehat dan tidak cacat, warna bulu burung harus baik dan sempurna.

“Ada berbagai macam burung yang dilombakan , tetapi yang lebih dominan ada 4 jenis yaitu, Cucak Hijau, Kenari, murai batu dan Pleci Campuran, untuk juara tersedia sertifikat, uang tunai yang diambil  dari uang pendaftaran juga memperoleh trophy”, ungkap Hilda selaku Ketua Panitia.

Hilda juga mengatakan, “Kalau untuk hari ini kurang ramai karena hari Jum’at tapi kalau hari Minggu sangat ramai dan banyak pengunjungnya”.

“Dengan diselenggarakannya acara ini banyak menguntungkan masyrakat sekitar juga, dari pengusaha sangkar, pedagang jangkrik juga pedagang-pedagang kecil, mereka memanfaatkan moment ini sebagai ajang untuk mengais rejeki”, pungkasnya

Reporter: Asim

CopyAMP code

JELAJAHI