Kegiatan BSMSS Bantu Percepatan Pembangunan Desa Serta Hubungkan Jalan Di Dua Kecamatan

PURWAKARTA-GemilangNews.Com

Asep Supriatna selaku camat di kecamatan jatiluhur sangat mengapresiasi kegiatan Bhakti Manunggal Siliwangi Satata Sariksa ( BSMSS ) ini pasalnya, inikan bukti kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat untuk kita kecamatan jatiluhur dan saya sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan kepala desa serta untuk kegiatan hari ini ada perwakilan dari warga masyarakat setempat yang di terjunkan kelapangan untuk membantu kegiatan ini sebayak 20 orang perdesa jadi kalau ada 10 desa jumlah nya menjadi 200 orang, untuk kedepan nya saya sudah menyusun jadwal akan ada beberapa orang perhari dengan sistem di gilir untuk membantu kegiatan BSMSS tujuan nya tak lain adalah jalan ini adalah jalur yang menghubungkan dua kecamatan yaitu antara kecamatan jatiluhur dengan kecamatan sukatani  dan jalur inipun kurang lebih 1,5 Km dan di danai dari APBD sebesar Rp 2,3 Miliar serta jalan inipun akan menuju jalur pariwisata yang bernama gunung parang dan gunung parang yang sekarang bukan seperti gunung parang dahulu karena gunung parang uang sekarang skalanya sudah intetnasional, tandasnya.” 

Adapun menurut kepala desa cibinong Asep surya mengatakan, harapan saya selaku kepala desa cibinong merasa sangat berterima kasih sekali kepada kepala daerah kabupaten purwakarta bapak H. Dedi Mulyadi., SH, kepada Dandim purwakarta serta kepada segenap personil dan jajaran nya, perwakilan dari polri dan juga kepada warga masyarakat yang sudah mau menmbantu kegiatan BSMSS ini, mudah mudahan kedepan perekonomian di desa mekar mulya ubrug ini mengalami peningkatan yang signifikan sehingga warga masyarakat setempat  bisa makmur dan sejahtera, terangnya.”
Di tempat terpisah, menurut
Letkol Inf.Ari Maulana,S.Sos selaku Dandim 0619 purwakarta saat di wawancarai oleh media GemilangNews.Com menuturkan,mengenai kegiatan ini  secara simbolis menyerahkan peralatan kepada perwakilan peserta kegiatan BSMSS Kodim 0619/Kabupaten purwakarta tahun 2017,kegiatan BSMSS tersebut di laksanakan di kampung Mekar sari Ubrug, Rt.13/04 desa cibinong kecamatan jati luhur kabupaten purwakarta.
Program tahunan BSMSS (Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa) mendapat apresiasi dari Danramil jati luhur,Camat jatiluhur ,Kepala Desa jatiluhur serta dari warga masyarakat setempat.

Kegiatan yang mencerminkan keterpaduan program lintas sektoral dalam membangun pedesaan antara Pemerintah Kabupaten purwakarta dengan Kodim 0619/Kabupaten purwakarta ini dinilainya dapat membantu percepatan pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah  Kabupaten purwakarta. ”
Menurut Letkol.Inf.Ari Maulana, S.Sos saat di wawancarai beberapa wartawan menuturkan.

Saya merasa bersyukur dan sekaligus bangga karena jajaran Kodim 0619 menjadi salah satu elemen yang turut berperan dalam kemajuan pembangunan di wilayah kabupaten purwakarta.

Pada kesempatan tersebut, di lokasi kegiatan Bhakti siliwangi  manunggal Satata Sariksa  nampak terlihat Danramil jati luhur, jajaran Kodim 0619, kadis kebudayaan dan pariwisata,camat jatiluhur, Kepala desa cibinong, serta unsur jajaran SKPD dan seluruh lapisan masyarakat setempat.

Menurut Letkol Inf.Ari Maulana S, Sos Kegiatan BSMSS ini sebagai jembatan untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam membangun wilayah perdesaan. Bahkan program ini sangat relevan dengan ikhtiar Pemkab purwakarta yang telah menyusun prioritas pembangunan pada 2016.

“Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa ( SMSS ) ini bertujuan selain meningkatkan aksesibilitas masyarakat desa, juga meningkatkan ekonomi desa dan pemerataan pembangunan guna mengatasi kesenjangan maupun ketidakadilan dalam penyelenggaraan pembangunan antara desa di wilayah kecamatan,” tandasnya.

Dandim 0619/Kabupaten purwakarta, Letkol Inf,Ari Maulana menjelaskan kegiatan yang melibatkan unsur TNI, masyarakat dan pemerintah daerah ini bertujuan untuk meningkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh Dandim menyebutkan, dalam program BSMSS ini terdapat dua sasaran kegiatan yakni fisik dan non fisik. Untuk fisik, kata dia, kegiatannya bersifat infrastruktur pengaspalan jalan sepanjang 1,5 Km meter dengan lebar 4,5 meter. Serta pengerasan jalan sepanjang 1, 5 Km yang menghubungkan Kampung mekarsari ubrug desa cibinong  dan Kampung kata karang layung dan menghubungkan dua kecamatan yaitu kecamatan sukatani dan kecamatan jatiluhur dengan anggaran sebesar 2,3Miliar dari APBD, jelasnya.
Pembangunan infrastruktur jalan ini, lanjutnya, dalam rangka mempermudah warga untuk melakukan kegiatan pertaniannya. Disamping untuk aktivitas pertanian, jalan itu nantinya akan berguna bagi kegiatan lainnya, seperti pendidikan dan kesehatan. 

“Dengan sudah di bangunnya jalan ini nantinya warga semakin mudah melewati jalan ini untuk pergi ke sekolah atau puskesmas atau ketempat tujuan lain nya, selain itu aktivitas ekonomi pun akan  meningkat karena beban akibat minimnya infrastruktur sudah teratasi,” katanya.
Selama masa BSMSS, personel jajaran Kodim melaksanakan program nonfisik, di antaranya memberikan pelajaran bela negara di sejumlah sekolah sekolah, di tiap tiap desa, Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan disiplin, kreativitas, dan pengetahuan kebangsaan kepada para pelajar.

“Kita pun menggelar bakti sosial dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Semoga program dari kami ini dapat berguna bagi seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 300 personel gabungan diantaranya dari Kodim 0619, Polres purwakarta, tim teknis dari Dinas terkait,dari BPMPD dan Mereka diturunkan bersama ratusan masyarakat untuk membangun desa, serta tak lupa Letkol.Inf. Ari Maulana,S.Sos pun mengucapkan….. 
SALAM TERITORIAL tandas Dandim.”

Reporter: Ones

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More on on that Topic: gemilangnews.com/2017/04/07/kegiatan-bsmss-bantu-percepatan-pembangunan-desa-serta-hubungkan-jalan-di-dua-kecamatan/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!