Bupati Purwakarta Berikan Bantuan Lengan Palsu Untuk Jamaludin

PURWAKARTA-GemilangNews.Com

Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi hari ini Kamis (26/1) menjenguk Jamaludin (6), bocah asal Kabupaten Garut yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung.

Dedi yang datang sendirian langsung diterima oleh pihak rumah sakit untuk bertemu dengan orang tua Jamaludin, Heriyadi (28) di Gedung Kemuning, lantai II rumah sakit milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia itu.

Jamal, panggilan akrab Jamaludin sehari-hari  diketahui sebagai anak ‘hyper active’. Pada Sabtu (21/1) lalu, Heriyadi membawa anaknya itu ke tempat kerja karena sang istri baru saja melahirkan anak mereka yang kedua. Ia mewangi-wanti Jamal, agar tidak mendekati mesin pembuat bata yang biasa Heriyadi gunakan untuk bekerja. 

“Tiba-tiba dia berteriak, karena tangannya masuk mesin itu,” ujar Heriyadi menceritakan.

Dibantu warga sekitar, Heriyadi berhasil mengeluarkan anaknya dari mesin bata, ia lantas membawanya menuju Puskesmas Cisewu Garut untuk mendapatkan pertolongan. Karena peralatan kesehatan yang terbatas, Heriyadi lantas membawa anaknya menuju Rumah Sakit al Ihsan Bandung sebelum akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

“Saya panik waktu itu, lengan kiri putus, lengan kanannya luka parah, gak bisa ditangani di Puskesmas sana, saya bawa ke al Ihsan terus kesini karena di al Ihsan gak bisa katanya, saya bawa anak saya pakai sepeda motor,”  ujarnya kembali.

Setelah mendengar kronologi kejadian itu, Dedi mengungkapkan seharusnya akses pelayanan kesehatan di daerah terpencil harus diprioritaskan. Ia bersama partai yang dia pimpin di Jawa Barat, akan mendorong ketersediaan akses layanan kesehatan tersebut.

“Alhamdulillah, kalau di Purwakarta, Ambulance sudah ada tiap desa, kami akan dorong bersama kawan-kawan di Partai Golkar agar layanan ini bisa merata sampai daerah terpencil,” ungkap Dedi.

Sebelum pamit, Dedi lantas memberikan bantuan kepada Jamaludin untuk membeli lengan palsu. Bantuan tersebut ia titipkan melalui ayah Jamaludin, Heriyadi.

Dokter spesialis orthopedi pada Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr Ghuna Ariohajo Utoyo pun sempat menjelaskan kondisi Jamaludin. Ia menyebut kondisi Jamal berangsur membaik pasca operasi, demam hari ini yang diderita oleh Jamal merupakan efek samping yang biasa terjadi setelah proses operasi yang kemarin ia jalani.

“Kondisinya hari ini membaik, ini memang ada keterlambatan penanganan score mes nya 11, sementara batas aman itu 7, harusnya langsung dibawa kesini. Akibatnya, kami terpaksa melakukan amputasi karena ada pembuluh darah yang pecah karena keterlambatan selama 6 jam,” pungkas Ghuna.

Reporter: One

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More on on that Topic: gemilangnews.com/2017/01/26/bupati-purwakarta-berikan-bantuan-lengan-palsu-untuk-jamaludin/ […]

  2. … [Trackback]

    […] There you can find 9262 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2017/01/26/bupati-purwakarta-berikan-bantuan-lengan-palsu-untuk-jamaludin/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Here you will find 48216 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2017/01/26/bupati-purwakarta-berikan-bantuan-lengan-palsu-untuk-jamaludin/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!