15 ORANG WARGA CIBADAK DAPATKAN BANTUAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI

SUKABUMI – GemilangNews.Com

Puluhan masyarakat penerima bantuan Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) diwilayah Kecamatan Cibadak diserahkan kepada 15 orang penerima yang berhak yang terdiri dari warga sembilan desa satu kelurahan,bertempat di aula gedung Kecamatan Cibadak,Jln.Raya Siliwangi,Cibadak,Sukabumi,Jawa Barat Kamis,( 27 / 10 ).

Berdasarkan informasi yang dihimpun GemilangNews.Com,bantuan rumah tidak layak huni tersebut bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016,dan untuk kecamatan cibadak ini mendapatkan bantuan 15 rumah dengan alokasi dana bantuan masing-masing sebesar Rp 4 juta,dan masing – masing desa dan kelurahan hanya 1 orang warga saja,kecuali desa Sukasirna yang mendapatkan 5 bantuan Rutilahu lagi karena berada dilokasi TMMD beberapa waktu lalu dan serah terima bantuan tersebut langsung oleh Camat Cibadak.

Camat Kecamatan Cibadak,Drs.H.Abdul Rivai,M.Si
Kepada GemilangNews.Com mengatakan bahwa bantuan Program RTLH sebenarnya merupakan kebijakan pemerintah yang bersifat stimulan, yang mengedepankan kemampuan swadaya masyarakat. Tanpa ada kepedulian masyarakat sekitar, progam ini tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan, maka peran tokoh masyarakat dan pengurus lembaga setempat sangat dibutuhkan.

” Kami berpesan kepada para penerima bantuan agar uang tersebut tidak boleh dipergunakan untuk keperluan lain melainkan untuk biaya rehab rumah saja, dan hari ini kita berikan bantuan untuk 15 warga miskin dari 9 Desa 1 kelurahan masing-masing warga mendapat bantuan sebesar RP 4 juta,dan juga diharapkan peran swadaya masyarakat didesa masing – masing,agar benar – benar rasa kegotong royongan tetap terjaga,” Ujarnya.

Ibu Iti,warga Kp.Pangasahan Rt.03/ 14, mengaku sangat senang mendapatkan bantuan tersebut,dan Ibu Iti beranggapan bahwa bantuan sebesar 4 juta yang diterima dirinya sebenarnya tidaklah cukup untuk renovasi rumahnya mengingat material bahan bangunan saat ini harganya cukup tinggi. Namun begitu dirinya tetap bersyukur karena pemerintah sudah peduli dan uang tersebut akan dipergunakan untuk merehab rumah tinggalnya untuk menjadi layak dihuni oleh seluruh keluarga,Tuturnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Batu Nunggal,Dudung Abdulah,mengatakan bahwa sebenarnya di desa kami masih banyak yang harus mendapatkan bantuan dari Program Rumah Tidak Layak Huni tersebut.

” Di desa kami masih banyak warga nya yang benar – benar sangat membutuhkan bantuan,dan masih banyak yang rumah tinggalnya jauh dari kata layak untuk dihuni,untuk itu dirinya berharap pemerintah daerah baik pemerintah kabupaten sukabumi,pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,agar bisa lebih banyak lagi memberikan bantuan,agar warganya yang rumah tinggalnya kurang layak bisa menjadi layak dan nyaman untuk ditempati,” Pungkasnya.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI