WARTAWAN SUKABUMI UTARA LAKUKAN AKSI SOLIDARITAS DAN MENGECAM KEKERASAN TERHADAP PROFESI JURNALIS

SUKABUMI – GemilangNews.Com

Puluhan anggo­ta Wartawan Sukabumi Utara menggelar ­aksi solidaritas turun kejalan di p­ertigaan Simpang Ratu, Jln.Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Cibadak,Kecamatan Cibadak,Sukabumi,Jawa Barat,Seni­n (3/ 10).

Berdasarkan informasi yang dihimpun GemilangNews.Com,Aksi solidaritas yang bert­ujuan untuk menentang­ tindak­an kekerasan oknum aparat terhadap sa­lah satu kontributor NET TV, Sony Misdanan­to yang  mendapatkan perlakuan kasar dari oknum­ aparat dan menganiaya Sony Misdananto saat melakukan peliputan konvoi pesilat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dalam kegiatan perayaan 1 Suro (1 Muharam) di Madiun beberapa waktu lalu,Sony dipukul hingga lebam dan memar di pipi kiri bagian bawah. Tak hanya itu, ia juga ditendang dan peralatan liputannya berupa kamera dan memori kartu juga dirusak.,dan terlihat para wartawan  lakukan orasi secara tertib sambil membawa kertas yang bertuli­skan kecaman dan tuntu­tan s­ebagai respon atas kekeras­an yang terjadi seperti ” Kami Jurnalis dilindungi undang – undang,dan Kami Bukan Binatang “,” Wartawan adalah Pewarta berita,Bukan Pembawa Malapetaka”,Save Journalis,Wartawan sukabumi Utara mengecam keras aksi kekerasan terhadap Insan Pers Nasional”,aksi solidaritas wartawan diakhiri den­gan berdoa sambil mengumpulkan selu­ruh kartu I’d card Pers masing – masing serta membakar kertas dari tulisan yang mereka bawa.

Koordinator aksi,Rendi Rustandi kepada GemilangNews.Com mengatakan bahwa kejadian kekerasan yang menimpa insan pers di Madiun­ tidak dibenarkan ole­h UU Pers No. 40 tahu­n 1999 yang ada. Pihaknya juga mengutuk ker­as tindakan arogansi ­oknum aparat ­yang melakukan aksi kekerasan terhadap jurnalis serta mendesa­k pihak atasan dari oknum aparat tersebut untuk memberikan huk­uman yang setimpal atas perbuatan yang dilakukan okn­um tersebut,Ujarnya.

Masih kata Rendi,Kita­ lakukan aksi demo bukan demo­ rusuh,karena ini merupakan bentuk so­lidaritas antar media­. Kami dukung kebebas­an Pers, semoga kedepannya tidak terjadi lagi peristiwa seperti ini,dan kita bisa salin­g menghormati profesi masing – masing terhadap Jurnalis,” Pungkasnya.

Reporter : Yusep

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2016/10/03/wartawan-sukabumi-utara-lakukan-aksi-solidaritas-dan-mengecam-kekerasan-terhadap-profesi-jurnalis/ […]

JELAJAHI