Kapolres Purwakarta Bentuk 3 Tim Gabungan

PURWAKARTA-GemilangNews.Com

Kabupaten Purwakarta adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat yang memiliki luas wilayah 971,72 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 921.598 jiwa.
Selain itu Kabupaten Purwakarta mempunyai posisi yang sangat strategis, yaitu merupakan segitiga emas dengan jalur lintas Utara Jakarta, Bandung dan Jawa Tengah yang berimplementasi terhadap culture budaya masyarakat yang pluralistik dan tingkat kriminalitas tinggi baik konvesional maupun tindak pindana lainnya.
“Untuk menyikapi situasi itu dan dalam rangka mengaplikasikan 11 program dan 10 komitmen dari Kapolri serta Kapolda kita, Polres Purwakarta telah melakukan berbagai inovasi serta terobosan kreatif,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat saat ditemui, Jumat (07/04).

Salah satu terobosan kreatif yang diciptakan kapolres purwakarta adalah menciptakan beberapa Tim Unggulan yang siap memberikan pelayanan dengan cepat dan memberikan rasa nyaman kepada semua lapisan masyarakat.
“Saat ini di Polres Purwakarta memiliki beberapa tim unggulan, yaitu tim Srikandi Biru, tim Unit Ranmor Cepat (URC) serta tim Insidentil,” ungkap Hanny.

Adapun untuk tim Srikandi Biru beranggotakan 30 personil Polisi Wanita (Polwan) dan dari tim srikandi biru inipun memiliki beberapa tugas seperti melakukan berbagai giat sosial, mendata masyarakat yang kurang mampu, melakukan patroli dialogis,melaksanakan pengamanan di masjid-masjid pada saat shalat Jum’at berlangsung dan tugas-tugas lainya.

“Para Srikandi Biru ini didukung dengan sarana kendaraan roda empat yang selalu mobile di wilayah hukum polres Purwakarta,” ujarnya. 

Tim URC beranggotakan sebanyak 15 personil tugas pokok dan pungsi Tim Unit Ranmor Cepat ( URC ) adalah satunya adalah tim yang dibentuk untuk memberikan pelayanan dengan cepat kepada masyarakat serta mengurai berbagai kendala apabila terjadi kemacetan arus lalu lintas serta hal lainnya yang dibutuhkan masyarakat sehingga tugas kepada Polri semakin meningkat.

“Tim ini dibentuk dari personil Sabhara yang dibekali keahlian dalam menggunakan kendaraan roda dua,” tutur Hanny.

Sedangkan untuk tim Insidentil Polres Purwakarta beranggotakan sebanyak 25 orang, adapun tugas pokok dan pungsinya yaitu menjaga gangguan kamtibmas, kejahatan jalanan, teroris, narkoba, dan kriminalitas lainnya yang sangat meresahkan lapisan warga masyarakat.
“Tim ini terdiri dari gabungan anggota baik itu opsnal reskrim, narkoba, dan Polwan,”terang kapolres. 

kapolres sendiri juga menjelaskan tim Insidentil diberikan pembekalan serta  pelatihan di Pusdik Reskrim Mega Mendung yang mendapatkan berbagai kemampuan seperti bela diri, keahlian menembak,serta pengendalian diri dalam penggunaan senjata api dan menghindari adanya kelalaian agar tidak terjadi korban,baik itu kepada anggota polri sendiri atau kepada masyarakat serta keahlian lainnya yang dibutuhkan saat menjalankan tugasnya.
“Tim ini melakukan mobiling selama 24 jam di wilayah Purwakarta,” jelas Hanny.

Selain itu,kami juga akan  mengaktifkan kembali program patroli jalan kaki yang di kenal dengan sebutan SI POLAN KA LEMBUR ( jalan ke kampung ) dalam rangka menyentuh dan menyapa langsung masyarakat purwakarta sekaligus memberikan himbauan kamtibmas dan mewujudkan  15 S kapolda jabar.

Selama kapolres menjabat, kapolres telah membentuk tiga tim yaitu terdiri dari Tim Srikandi Biru, Tim URC dan Tim Insidentil serta hal ini merupakan terobosan baru dari program pak pak kapolres,terangnya.

Reporter: Ones

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI