Jalan Sepanjang 100KM Ditargetkan Rampung Tahun 2016

PURWAKARTA – GemilangNews.Com

Pemerintah Kabupaten Purwakarta merasa tidak diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal ini tercermin dari Dana Bantuan Provinsi yang tidak pernah lebih dari Rp100 Milyar selama 5 Tahun terakhir. Bahkan menurut data yang dihimpun, pada Tahun 2009, Kabupaten dengan nilai APBD terkecil di Jawa Barat ini menerima bantuan hampir nol rupiah.

Akan tetapi, Dana Bantuan Provinsi yang ‘seret’ itu tidak menjadikan program pembenahan infrastruktur dan pelayanan publik yang dicanangkan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tersendat. Selama ini, dia mengaku melakukan maksimalisasi penggunaan APBD Kabupaten untuk mengeksekusi setiap program yang dia canangkan. Bahkan program peningkatan infrastruktur di Kabupaten Purwakarta pun sempat mendapat penilaian terbaik se-Jawa Barat. Penilaian ini berdasarkan perolehan skor tertinggi dalam hasil survei kepuasan publik Jawa Barat oleh PSPK dan PK2S Universitas Padjadjaran beberapa waktu lalu.

“Tapi kami bisa bangun infrastruktur jalan hingga pelosok, jalan Lingkar Barat Sukasari Purwakarta yang menghubungkan Cianjur, Karawang dan Bogor, termasuk memberi akses jalan pada warga Purwakarta yang terisolir dampak pembangunan Bendungan Ir H Juanda”. Kata Dedi saat ditemui di rumah dinasnya Jl Gandanegara No 25 Purwakarta Hari ini Kamis (1/9).

Berdasarkan data Dinas Bina Marga Purwakarta, total panjang jalan di Kabupaten Purwakarta saat ini 727.550 kilometer. Hingga kuartal ketiga 2015, 84 persen jalan atau sepanjang 611.830 kilometer sudah terlapisi aspal dengan komposisi hotmix dan lapen. Sekitar 55.970 kilometer atau sekitar 8 persen jalan menggunakan teknik pengerasan cor beton. PhotoGrid_1472714968079

Adapun sisanya sepanjang 59.750 kilometer masih berupa jalan batu, kerikil, dan tanah yakni wilayah Kecamatan Sukasari. Dari panjang ini, sekitar 44.285 kilometer atau 6 persen dari total panjang jalan kabupaten kondisinya kritis. Akan tetapi Dedi menjamin seluruh pembangunan dan perbaikan jalan tersebut akan selesai dalam beberapa bulan ke depan.

“Beberapa bulan lagi selesai, jadi Tahun 2016 ini tuntas 100%. Orientasi kami pembangunan infrastruktur jalan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat”. Ujar Dedi kembali.

Selain fokus pada pembangunan infrastruktur jalan, dana publik pada APBD Purwakarta pun digulirkan untuk program elektrifikasi. Dalam program ini, Purwakarta sudah berhasil menjadi daerah dengan rasio elektrifikasi tertinggi se-Jawa Barat.

“Silakan anda cek, di seluruh Jawa Barat kita (Purwakarta) paling tinggi”.tandasnya.

Reporter: W.S/One

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you can find 50377 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2016/09/01/jalan-sepanjang-100km-ditargetkan-rampung-tahun-2016/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More on on that Topic: gemilangnews.com/2016/09/01/jalan-sepanjang-100km-ditargetkan-rampung-tahun-2016/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!