Budaya Baca, Budaya Amal Dan Budaya Paham Alqur’an Merupakan Konsep Revolusi Mental Ala KGN Baldatun Center Cabang 1 Sukabumi

SUKABUMI – GemilangNews.Com

Revolusi Mental adalah suatu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala,itu adalah gagasan revolusi mental yang pertama kali dilontarkan oleh Presiden Soekarno pada Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1956. Soekarno melihat revolusi nasional Indonesia saat itu sedang mandek, padahal tujuan revolusi untuk meraih kemerdekaan Indonesia yang seutuhnya pada saat itu belum tercapai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun GemilangNews.Com,Revolusi di jaman kemerdekaan adalah sebuah perjuangan fisik, perang melawan penjajah dan sekutunya, untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kini sudah 71 tahun setelah bangsa kita merdeka, sesungguhnya perjuangan itu belum, dan tak akan pernah berakhir. Kita semua masih harus melakukan revolusi, namun dalam arti yang berbeda. Bukan lagi mengangkat senjata, tapi membangun jiwa bangsa.saat ini ide dasar dari digaungkannya kembali gerakan revolusi mental oleh Presiden Joko Widodo. Jiwa bangsa yang terpenting adalah jiwa merdeka, jiwa kebebasan untuk meraih kemajuan. Jiwa merdeka disebut Presiden Jokowi sebagai positivisme.

Ade Dasep Zaenal Abidin,Inisiator sekaligus penanggung jawab KGN Baldatun Center Cabang Sukabumi 1,yang juga anggota DPRD dan Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi,gerakan revolusi mental semakin relevan bagi bangsa Indonesia yang saat ini tengah menghadapi tiga problem pokok bangsa yaitu, merosotnya wibawa negara, merebaknya intoleransi, dan terakhir melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional,dalam kehidupan sehari-hari, praktek revolusi mental adalah menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong. Para pemimpin dan aparat negara akan jadi pelopor untuk menggerakkan revolusi mental, dimulai dari masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L). Sebagai pelopor gerakan revolusi mental, pemerintah lewat K/L harus melakukan tiga hal utama yaitu; bersinergi, membangun manajemen isu, dan terakhir penguatan kapasitas aparat negara,ujarnya.

Masih kata Adza ( sapaan akrab Ade Dasep Zaenal Abidin.red ) Membangun jiwa yang merdeka, mengubah cara pandang, pikiran, sikap, dan perilaku agar berorientasi pada kemajuan dan hal-hal yang modern, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia,dalam kehidupan sehari-hari, praktek revolusi mental adalah menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong,apalagi didasarkan kepada Hudallilmuttaqin yang artinya petunjuk bagi orang – orang takwa,bagi umat islam didunia yaitu kitab suci Alqur’an.” tuturnya.

Kenapa membangun jiwa bangsa yang merdeka itu penting? Membangun jalan, irigasi, pelabuhan, bandara, atau pembangkit energi juga penting. Namun seperti kata Bung Karno, membangun suatu negara, tak hanya sekadar pembangunan fisik yang sifatnya material, namun sesungguhnya membangun jiwa bangsa. Ya, dengan kata lain, modal utama membangun suatu negara, adalah membangun jiwa bangsa,untuk itu dalam rangka membangun jiwa bangsa dengan kata revolusi mental versi KGN Baldatun Center Cabang Sukabumi 1 adalah kita harus mengedepankan konsep Budaya Baca Alqur’an,Budaya Paham Alqur’an dan Budaya Amal alqur’an,jelasnya.

Karena dengan mengedepankan ketiga konsep tersebut,Insya Allah,Gerakan revolusi mental terbukti saat ini berdampak positif terhadap kinerja pemerintahan Jokowi. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, ada banyak prestasi yang diraih berkat semangat integritas, kerja keras, dan gotong royong dari aparat negara dan juga masyarakat,apalagi ditambah dengan mengedepankan Konsep Budaya Baca,Budaya Paham dan Budaya Amal Alqur’an,Insya Allah Negeri kita tercinta ini akan selalu mendapatkan rahmat dan inayah dari Allah SWT agar selalu menjadi negeri yang sejahtera baik lahir maupun batin,pungkasnya.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

JELAJAHI