Wabup Dadan Mengatakan Panen Raya Kado Ulang Tahun untuk Purwakarta

PURWAKARTA-GemilangNews.Com

Komitmen Kabupaten Purwakarta untuk menjadi salah satu lumbung padi Jawa Barat ternyata bukan sekedar wacana, Hari ini Jum’at (22/7) Para petani binaan Dinas Pertanian dan Kehutanan Purwakarta di Desa Gandamekar Kecamatan Plered berhasil melakukan panen raya. Area pesawahan seluar 125 hektar ini diklaim dapat memenuhi kebutuhan beras untuk wilayah Purwakarta dan sekitarnya karena akan didistribusikan melalui pasar induk Cikopo.

Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara yang menjadi salah satu tamu kehormatan di acara panen raya ini mendapatkan giliran pertama untuk memanen padi hasil tanam para petani setempat. Ia berujar bahwa hamparan padi yang siap dipanen ini merupakan kado terindah bagi ulang tahun Purwakarta. “Kemarin baru saja kita memperingati Hari Jadi Kabupaten ke 48 dan Hari Jadi Purwakarta ke 185. Hari ini seluruh petani tumpah ruah di sawah untuk memanen padi, sungguh ini merupakan kado ulang tahun istimewa karena dampaknya langsung dapat dirasakan oleh petani dan masyarakat”. Jelas Wabup Dadan kepada Humas Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Lebih lanjut Dadan menjelaskan bahwa Kabupaten Purwakarta telah berhasil membangun ketahanan pangan di wilayahnya. Menurut dia ini penting agar harga beras di pasaran dapat dikendalikan dengan baik sehingga tidak merugikan petani dan tidak memberatkan konsumen. “Panen ini refresentasi ketahanan pangan Purwakarta, kalau ketersediaan beras dapat kita kendalikan di pasaran maka petani untung, konsumen juga tersenyum, karena harga tidak memihak petani ataupun konsumen. Ia netral di tengah-tengah”. Lanjut Dadan.

Dadan pun sempat menyinggung tentang ketersediaan lahan yang hari ini mulai berkurang. Ia meminta seluruh petani untuk tidak menjual tanahnya untuk dijadikan perumahan karena akan berakibat lahan menjadi semakin sempit sehingga padi dan beras sulit didapat. “Di Purwakarta itu kalau mau jual tanah produktif harus seizin Pak Bupati, saya kira ini bagus untuk menjaga ketersediaan lahan pertanian sehingga pangan tetap stabil untuk masyarakat”. Ujar Dadan menambahkan.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Purwakarta Agus Suherlan turut mengamini pernyataan Wabup Dadan. Dia menambahkan dinas yang dia pimpin siap untuk mengadvokasi para petani jika ingin sukses dalam panen. “Kami beserta jajaran sesuai arahan Pak Bupati siap untuk mendampingi petani agar sukses dalam usaha pertanian yang mereka jalankan. Kapan pun boleh datang ke Kantor”. Singkat Agus.

Komandan Kodim 0619 Purwakarta Letkol CZI Cahyadi Amperawan
Dandim 0619 Purwakarta Letkol CZI Cahyadi Amperawan

Dalam acara panen raya ini turut hadir Komandan Kodim 0619 Purwakarta Letkol CZI Cahyadi Amperawan, Sekda Purwakarta Padil Karsoma, Ketua beserta jajaran pengurus Kontak Tani dan Nelayan Andalan dan para perangkat desa dari seluruh desa di Kecamatan Plered Purwakarta.

Reporter: W.S/One

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2016/07/22/menurut-wabup-dadan-panen-raya-kado-ulang-tahun-untuk-purwakarta/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!