Walikota Depok Imbau ASN untuk Berhati-Hati Terima Parcel Hari Raya

DEPOK-GemilangNews.Com

Walikota Depok, Mohamad Idris mengimbau kepada para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kota Depok, jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri agar berhati-hati dalam menerima hadiah berupa bingkisan atau hamper yang lebih dikenal dengan istilahparcel.  Hal ini untuk menghindari terjadinya indikasi gratifikasi.

“Saya nerima parcel. Tapi itu dari anak saya. Tahun lalu saat menjabat Wakil Walikota juga terima hadiah parceldari salah satu kolega, namun saya suwun kembalikan ke orangnya dan menjelaskan alasan saya tidak bisa menerima hadiah tersebut,” ujarnya, belum lama ini.

Dirinya mengungkapkan, jika pun ada yang nantinya terlanjur menerima parcel maka diimbau agar ASN atau pejabat Pemerintah Kota Depok untuk mengembalikan kepada si pemberi.

“Permasalahannya nanti suka ada parcel yang tidak diketahui pengirimnya. Kemudian nanti harus dilihat dari maslahat dan mudharatnya seperti apa, bahaya dan manfaatnya seperti apa. Ini yang agak sulit jika kita menerima barang tapi gak tau pengirimnya, daripada dibuang lebih baik disedekahkan,” papar Idris.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Depok, Novarita, mengatakan jika ada ASN atau Pejabat Pemkot Depok yang terbukti menerima parcel namun tujuannya untuk tujuan tertentu maka akan ditindak.

“Akan diperiksa terlebih dahulu, jika terbukti menerima, sanksinya ada. Sanksi terberat hukuman disiplin sesuai PP Nomor  5 Tahun  2010, sanksinya ringan, sedang, dan berat. Kalau mau aman, silakan laporkan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa pernah ada ASN yang melapor jika menerima parcel.

“Kalau ada niat tertentu namanya gratifikasi. Saya sendiri pernah terima barang namun saya lapor ke KPK,” tandasnya.

Reporter: L.A

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI