Warga Blokir Jalan Akses Jalan Mega proyek Tol Bocimi

KAB BOGOR-GemilangNews.Com

Puluhan warga Kampung Nagrog, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor Selasa (24/05/16) melakukan aksi pemblokiran akses jalan sementara di lokasi megaproyek tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Aksi tersebut merupakan buntut kekesalan warga terhadap PT POSCO E&C Indonesia, selaku maincontractor tol Bocimi yang hingga kini belum melakukan pembayaran kepada PT Tri Mustika Total Persada selalu subkontraktor serta sejumlah warga sekitar yang dilibatkan sebagai supplier lokal pada proyek tersebut.

“Bagaimana kami tidak kesal, sudah berbulan-bulan lamanya, penbayaran tak juga dilakukan, padahal proyek betonisasi jalan sudah lama selesai,”ujar Jeler, tokoh warga sekitar.

Ia menjelaskan, PT Mustika telah melayangkan invoice atau faktur tagihan kepada PT POSCO senilai 370 juta rupiah. Namun PT POSCO mengaku keberatan membayar total jumlah tagihan dengan dalih jumlah yang harus dibayarkan tidak sesuai dengan spek pengerjaan.

“Boleh saja mereka (POSCO, red) bilang ini tidak sesuai, tapi kami yang di lapangan tahu persis pengerjaan jalan ini sejak awal. Mulai dari kondisi tanah dan proses lainnya yang memang memerlukan tenaga dan biaya tinggi. Kan mereka tidak tahu proses di lapangan,”tambah jeler.

Dijelaskannya, PT POSCO hanya siap membayar setengah dari jumlah tagihan yakni sebesar 124 juta rupiah.”Jumlah itu untuk menutupi material yang digunakan saja tidak akan cukup, belum lagi sewa alat berat, pokoknya untuk modal saja sudah menghabiskan sekitar 270 juta,”tambahnya diamini Husin, Pelaksana PT Tri Mustika Total Persada.

Tak hanya itu, warga pun mengeluhkan kondisi akses jalan dilingkungan mereka yang kotor dan licin akibat aktifitas lalu lalang kendaraan proyek.”Tanya saja ke warga, sudah berapa pengendara sepeda motor yang jatuh di lokasi karena jalan licin,”ujar Ramly Hendriyanto, warga lainnya.

Warga mengancam akan melakukan aksi serupa dengan jumlah massa yang lebih besar, jika tuntutan mereka tak dipenuhi.

Reporter: Saripudin

 

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI