Perkuat Sinergitas Bersama Masyarakat, Kasat Binmas Polres Malinau Gelar Jum’at Curhat di Desa Malinau Hulu

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Dalam upaya mempererat silaturahmi sekaligus kemitraan antara Kepolisian dengan elemen masyarakat, Kepolisian Resor (Polres) Malinau beserta jajaran terus konsisten menggelar kegiatan program Jum’at Curhat.

Pertemuan yang di kemas dalam program Jum’at Curhat tersebut dilaksanakan dalam rangka mendengarkan curhatan warga terkait dengan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dilingkungannya sekaligus menerima usul dan saran dari masyarakat terkait kinerja Kepolisian.

Seperti halnya pada siang ini, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom didampingi PS. Kaurbinopsnal Satbinmas AIPDA Andi Ashar, PS. Kanitbinkamsa AIPDA Zaenal Ariefin dan PS. Kanitbinpolmas AIPDA Homaidi, S.H., melaksanakan tatap muka bersama sejumlah warga Teluk Sanggan, tepatnya di kediaman Ketua RT 11, Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Jum’at (24/11).

Suasana yang berlangsung santai dan penuh keakraban dengan diisi dialog interaktif bersama warga Teluk Sanggan tersebut, IPTU Maruli Gultom beserta anggotanya juga menerima langsung curhatan terkait situasi Kamtibmas.

Jamaluddin selaku Ketua RT 11 Teluk Sanggan dalam kesempatan ini menyampaikan sangat senang dengan kehadiran pihak Kepolisian yang selalu hadir dilingkungannya, khususnya dilingkungan RT 11 Desa Malinau Hulu sehingga bisa mendapatkan informasi tentang situasi keamanan dan dapat lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kriminalitas.

“Terimakasih Pak Gultom dan anggota atas kesempatannya yang telah mengunjungi kami disini, tentunya kami disini merasa aman ketika Polres Malinau menurunkan anggota untuk hadir patroli guna memberikan rasa aman dan nyaman terhadap warga kami saat melakukan aktifitas. Namun diharapkan juga kepada pihak Kepolisian untuk lebih meningkatkan patroli pada malam hari di daerah-daerah Desa Malinau Hulu ini khususnya RT 11 saat warga sedang beristirahat malam untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Jamaluddin

Mendengar penyampaian tersebut, IPTU Maruli Gultom menjelaskan kegiatan Jum’at Curhat Polres Malinau dan jajaran ini adalah salah satu upaya Polri untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat. Berbagai upaya yang dikerahkan oleh Polres Malinau hingga saat ini berkomitmen akan secara optimal untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat dan akan mengoptimalkan patroli atau memonitoring setiap perkembangan situasi wilayah untuk menekan tindak kriminalitas maupun potensi gangguan Kamtibmas lainya.

“Jadi Pak Jamaluddin, agenda rutin Jum’at Curhat Polres Malinau ini tujuanya sebagai upaya menyerap aspirasi dan masukan terkait pelaksanaan tugas Kepolisian ditengah masyarakat maupun kendala-kendala yang di alami masyarakat. Jadi kami ucapkan terimakasih Pak Jamaluddin atas masukan yang disampaikan tadi, sehingga nantinya dapat menjadi bahan evaluasi kami agar dapat mengoptimalkan kegiatan patroli. Kami dari Kepolisian di Polres Malinau juga akan berusaha secara maksimal menindaklanjuti apa yang dikeluhkan oleh masyarakat. Menindaklanjuti penyampaiaannya Pak Jamaluddin tadi, kami akan mengerahkan unit patroli dari Polres maupun Polsek Malinau Kota ke lokasi-lokasi tertentu untuk menekan tindak kriminalitas pada malam hari secara intens, termasuk di RT 11 ini,” terang IPTU Maruli Gultom

Lanjutnya, terselenggaranya kegiatan ini, IPTU Maruli Gultom juga menghimbau dengan adanya kerjasama dan bantuan dari masyarakat nantinya dapat bersama-sama menjaga stabilitas Kamtibmas di Bumi Intimung, Kabupaten Malinau.

“Kami mengajak kepada peran serta semua pihak dalam menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas di Bumi Intimung ini agar tetap aman, nyaman dan kondusif, seperti halnya dengan tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum. Saya minta juga jangan segan dan takut untuk melaporkan setiap kejadian baik permasalahan pidana maupun konflik sosial yang terjadi dilingkungan masyarakat setempat kepada kami pihak Kepolisian baik itu secara langsung ke Polres atau Polsek maupun Bhabinkamtibmas setempat,” tambahnya

Dalam kesempatan tersebut juga, Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom memberikan sarana kontak berupa Arcto, Cangkul, Skop dan Palu/Martil kepada Ketua RT 11 Teluk Sanggan yang mewakilinya warganya.

“Penyerahan perlengakapan sarana kontak tersebut diberikan guna menunjang kegiatan masyarakat setempat yang dapat dimanfaatkan pada saat melakukan kerja bakti. Harapan dari pelaksanaan kegiatan tersebut juga yaitu agar terjalinnya hubungan silaturahmi yang erat. Bukan dari nilainya, namun sebagai wujud perhatian Polri khususnya dari Polres Malinau terhadap masyarakat,” tutup Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!