Jaga Kondusifitas Saat Pelaksanaan Pemilu, Polres Malinau Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Sejumlah upaya terus dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Malinau untuk memastikan seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 yang sudah di depan mata dapat berlangsung aman, damai dan kondusif.

Seperti halnya pada pagi hari ini, bertempat di Aula Rupatama Polres Malinau telah dilaksanakan Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang turut dihadiri Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E., M.H., Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Komisioner KPU Malinau, Komisioner Bawaslu Malinau, Kemenag Malinau, Kesbangpol Malinau, 18 Partai Politik (Parpol) peserta, KNPI Malinau, BEM Politeknik Malinau, GMKI Malinau, HMI Malinau, GP Ansor Malinau serta para awak media, Rabu (8/11).

Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E., M.H., dalam sambutanya menerangkan, pelaksanaan pada pesta demokrasi tidak terlepas dari peran dan komitmen tinggi setiap elemen masyarakat dalam mendukung keberhasilan Pemilu sehingga dapat berjalan dengan lancar serta bebas dari konflik.

Untuk itu, Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang dilaksanakan pada pagi ini di Polres Malinau bertujuan untuk mempertegas kembali bahwa seluruh tahapan Pemilu 2024 haruslah berjalan damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat dan sukacita.

“Hari ini di Polres Malinau kita telah menyaksikan dan mengikuti langsung Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang dilakukan peserta Pemilu pada tahun 2024. Sebagai pimpinan Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau, saya mengapresiasi kepada seluruh peserta Pemilu, kepada jajaran Polres Malinau, Kodim 0910/Malinau, Forkopimda dan semua yang terlibat dalam seluruh proses penyelenggaraan pengawasan dan segala hal yang berhubungan dalam Pemilu yang hingga sampai hari ini Kabupaten Malinau bisa damai. Dengan adanya Deklarasi Pemilu Damai ini saya berharap bukanlah sebuah acara seremonial belaka, saya himbau juga agar seluruh pihak dapat mematuhi Deklarasi Pemilu Damai ini dan tidak berhenti pada ruangan ini,” ujar Bupati Malinau

Selain itu, Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H, dalam penyampaianya mengatakan bahwa pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai 2024 ini dilakukan demi menjaga stabilitas Kamtibmas sebelum hingga setelah Pemilu 2024 mendatang. Deklarasi tersebut merupakan langkah penting dalam menjaga stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Malinau selama pelaksanaan Pemilu.

Deklarasi Pemilu Damai ini juga guna menggaris bawahi komitmen untuk menjalani Pemilu dalam suasana penuh toleransi, menghormati perbedaan pendapat, menolak segala bentuk kekerasan dan semangat persaudaraan serta gotong-royong.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mendeklarasikan Pemilu Damai yang tentunya kita laksanakan bersama-sama oleh semua pihak terkait dan seluruh elemen masyarakat yang berada di Kabupaten Malinau guna menciptakan suasana yang kondusif selama berjalanannya tahapan Pemilu baik awal dan berakhirnya tahapan Pemilu 2024,” ungkap Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo

Kapolres Malinau juga menambahkan, bahwa saat ini Polres Malinau telah mengerahkan personel untuk melaksanakan pengamanan Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu di Kabupaten Malinau yang secara rutin pada setiap harinya juga di ploting personel untuk pengamanan.

“Kita dari Polres Malinau juga telah menerjunkan personel untuk melakukan pengamanan Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu serta Cooling System sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi yang mungkin timbul akibat isu-isu suku, agama, ras, dan antargolongan (Sara) Pemilu 2024. Untuk diketahui juga, kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 yang dalam pelaksanaanya kami menurunkan personel kurang lebih 2/3 dari kekuatan personel Polres Malinau,” tambahnya

Terakhir, Kapolres Malinau juga mengharapkan melalui Deklarasi Pemilu Damai ini, nantinya menjadi momentum kesadaran bersama dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas wilayah Kabupaten Malinau.

“Harapannya dengan adanya Deklarasi Pemilu Damai ini yang merupakan wujud dari semangat dan komitmen seluruh stakeholder dan elemen masyarakat Kabupaten Malinau untuk mensukseskan Pemilu 2024. Mari kita jaga dan sukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Malinau ini dengan aman, lancar, damai, kondusif dan bermartabat. Bersama-sama kita hindari isu-isu yang berbau Sara, berita hoax dan bernada provokasi yang dapat menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat. Kami berharap juga agar masyarakat tidak terpengaruh oleh isu-isu yang beredar di Media Sosial (Medsos), sebelum menyebarluaskan tentunya di teliti dan di saring terlebih dahulu kebenarannya,” tutupnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!