15 Siswa Diktuba Polri SPN Polda Kaltara Atur Lalulintas di Kabupaten Malinau

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Hari kedua pelaksanaan Latihan Teknis Kepolisian (Latnis) Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri (Diktuba Polri) Angkatan 50 Gelombang II Tahun 2023 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltara di Polres Malinau melaksanakan pengaturan arus lalulintas diwilayah perkotaan Malinau, Selasa (31/10).

Pelaksanaan kegiatan Latnis yang diikuti 15 Siswa Sekolah Bintara (Seba) SPN Polda Kaltara pagi ini, dimulai dengan mengikuti apel pagi bersama jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Malinau bertempat di JL. Raja Pandhita (Depan Bandara Kolonel RA. Bessing) dipimpin Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar dan didampingi sejumlah Perwira dan Bintara Pendamping yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengaturan arus lalulintas dibeberapa titik keramain yang ada di perkotaan Malinau.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar mengatakan bahwa pagi ini jajaran Satlantas Polres Malinau bersama para Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara Angkatan 50 melaksanakan Penegakan dan Pengaturan Lalulintas (Gatur Lalin) yang merupakan bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat di jalan raya, seperti mengatur pengendara untuk tertib berlalulintas dan membantu menyeberangkan masyarakat serta pelajar yang dijumpai saat hendak ke sekolah.

“Saya selaku Kasat Lantas mengucapkan selamat datang kepada para Perwira dan Bintara Pendamping serta Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara di Polres Malinau yang pada pagi ini bergabung bersama kami dari jajaran Satlantas untuk apel pagi bersama sekaligus praktek langsung melakukan pengaturan arus lalulintas diwilayah perkotaan Malinau ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Para Siswa saat pengaturan lalulintas bersama personel Satlantas ini, disebar di 5 titik lokasi keramaian yang dilengkapi dengan tongkat dan pluit dengan mengenakan seragam Polri dengan tulisan Siswa Seba,” ujar IPDA Ansar

Dengan melaksanakan praktek langsung di lokasi, para Siswa ini diharapkan dapat merasakan langsung situasi nyata dilapangan tentang tugas yang akan dilaksanakannya kedepan setelah dilantik menjadi anggota Polri.

Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar juga menitip pesan kepada para Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara yang melaksanakan Latnis agar dalam melaksanakan pelatihan maupun praktek langsung pengaturan arus lalulintas dapat memperhatikan dengan baik dan bersungguh-sungguh serta bisa diterapkan nanti pada saat sudah bertugas.

“Saya menitipkan pesan kepada para Siswa agar materi yang telah dibawakan sebelumnya hingga praktek langsung dilapagan ini dapat dipahami dan diterapkan di tempat tugasnya nanti. Melalui praktek lapangan ini para Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara di himbau untuk mengutamakan dua hal, yakni mengutamakan keamanan dan keselamatan diri,” tambahnya

Sementara itu, Perwira Pendamping Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara IPDA Zulkifli, S.H., saat ditemui menerangkan bahwa pada hari kedua Latnis di Polres Malinau ini, Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara melaksanakan praktek pengaturan lalulintas dibeberapa titik keramaian di perkotaan Malinau. Dan setelah itu, para Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara kembali melaksanakan parktek Latnis dilingkungan Polres Malinau.

“Hari ini merupakan hari kedua Siswa Diktukba Polri SPN Polda Kaltara melaksanakan Latnis di Polres Malinau yang pada pelaksanaanya dimulai kemarin hari Senin hingga hari ini Selasa 31 Oktober 2023. Untuk hari pertama, Latnis ini di isi dengan penyampaian materi-materi dari masing-masing fungsi di Polres Malinau, dan pagi ini hari kedua praktek langsung melakukan pengaturan arus lalulintas disejumlah ruas jalan di perkotaan Malinau bersama jajaran Satlantas. Setelah itu, para Siswa ini melanjutkan kegiatan dengan Latnis di sejumlah fungsi di Polres Malinau seperti Satsamapta meliputi Penjagaan, Satreskrim meliputi olah TKP, Satintelkam meliputi pelayanan SKCK, Satlantas meliputi pelayayan SIM dan BPKB dan Satbinmas meliputi lapoan harian Bhabinkamtibmas,” pungkas IPDA Zulkifli. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!