Satgas Pengendalian Karhutla Polsek Sungai Sampit Laksanakan Pemadaman Karhutla

Polres Kotim – Polsek Sungai Sampit jajaran Polres Kotim (Kotawaringin Timur) Polda Kalteng yang tergabung dalam Satgas Pengendalian Karhutla Kec.Mentaya Hilir Utara melaksanakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Desa Bagendang Permai Kec.Mentaya Hilir Utara Kab.Kotim Prov.Kalteng, Selasa (03/10/2023) sore.

Personil Gabungan Poslap melakukan Ground Check Titik Hotspot di Bagendang Permai dan melakukan pemadaman pada areal yang terbakar dan berhasil dipadamkan namun masih mengeluarkan asap sehingga memerlukan waktu dalam proses pendinginan.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani,S.I.K.,M.M melalui Kapolsek Sungai Sampit Ipda Dhearny Adventeya Grace Dachi,S.Tr.K mengatakan, kebakaran hutan dan lahan tersebut berhasil dipemadamkan oleh Tim Gabungan namun masih mengelurakan asap tebal dikarenakan tekstur tanah Gambut dan semak belukar yang kering sehingga memerlukan waktu dalam proses pendinginan.

Lebih lanjut Kapolsek Sungai Sampit mengatakan bahwa penanganan Karhutla tersebut terkendala beberapa faktor antara lain tidak adanya air di sekitar kebakaran lahan, Jarak air parit ketempat kebakaran lahan sangat jauh, Tidak ada akses sumber air untuk memadamkan api dikarnakan air di parit kering, Lahan Tanah gambut jika terbakar sulit dipadamkan, sehigga petugas melakukan pemadaman dengan ranting kayu guna mencegah kebakaran tidak meluasnya, selanjutnya dikoordinasikan dengan BPBD guna dilakukan pendinginan dengan water bombing, Ujar Ipda Dhearny Adventeya Grace Dachi,S.Tr.K.

“Kami mengajak masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Mentaya Hilir Utara untuk bersama-sama dalam mencegah terjadinya Karhutla,” Tutur Kapolsek Jaya Karya. (hms_spt)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!