Program Jum’at Curhat, Kasat Binmas Polres Malinau Dengarkan Aspirasi Para Sopir Travel

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Pelaksanaan Jum’at Curhat masih mendominasi sebagai wadah Curhattan permasalahan masyarakat diwilayah Kabupaten Malinau untuk mencurahkan isi hatinya kepada Kepolisian terkait permasalahan yang dialami.

Seperti halnya dalam kegiatan Jum’at Curhat Polres Malinau yang digelar siang ini, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom didampingi PS. Kaurbinopsnal Satbinmas AIPDA Andi Ashar, PS. Kanitbinkamsa AIPDA Zaenal Ariefin dan PS. Kanitbinpolmas AIPDA Homaidi, S.H., melakukan dialog bersama Pengurus Terminal Malinau Kota Bapak Jhon dan komunitas Supir Travel serta sejumlah masyarakat yang berada di Terminal Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Jum’at (22/9).

Suasana yang berlangsung santai dan penuh keakraban yang diisi dengan dialog interaktif bersama Pengurus Terminal Bapak Jhon dan sejumlah Supir Travel serta masyarakat tersebut nampak terlihat saat IPTU Maruli Gultom beserta anggotanya menerima langsung curhatan terkait situasi Kamtibmas.

Dalam penyampaianya IPTU Maruli Gultom menegaskan, bahwa Polri khususnya Polres Malinau tidak anti kritik, untuk itu pada kesempatan ini IPTU Maruli Gultom mempersilahkan warga masyarakat yang ingin memberikan kritik, usul dan saran pada setiap saat ataupun pada kegiatan Jum’at Curhat yang dilaksanakan jajaran Polres Malinau.

“Kehadiran kami disini mewakili Bapak Kapolres Malinau, jadi pada momen ini kami mempersilahkan Bapak Ibu untuk memberikan saran dan masukan sebagai suatu perbaikan langkah-langkah tugas kami kedepan,” tutur IPTU Maruli Gultom

Dikesempatan itu juga, Pengurus Terminal Malinau Kota Bapak Jhon turut menyampaikan aspirasinya atas kegiatan Jum’at Curhat yang digelar Polres Malinau siang ini. Ia juga mengaku hingga saat ini wilayah Terminal Malinau Kota ini sering dikunjungi patroli Kepolisian secara rutin pada siang hari. Namun, ia juga mengharapkan agar jajaran Polres Malinau juga lebih meningkatkan kembali kegiatan patroli, terutama saat malam hari di lokasi yang sama.

“Tentunya kami disini dan masyarakat yang sedang menunggu antrian Travel atau Bus Damri merasa aman ketika pihak keamanan dari Polres Malinau sering patroli kesini, namun kami minta juga Pak Gultom mungkin bisa di patroli juga saat malam hari. Karena ditempat-tempat tertentu seperti Terminal ini kalau sudah larut malam masih ada saja ditemukan anak-anak muda ngumpul di belakang, ada juga warga setempat bilang mereka dalam kondisi mabuk, ditakutkan karena dalam kondisi mabuk ini bisa mengganggu ketertiban umum, karena lokasi ini cukup ramai,” ungkap Jhon

Menanggapi hal tersebut, IPTU Maruli Gultom sebelumnya menyampaikan ucapan terimakasih atas masukannya dan berharap kepada masyarakat jika mengalami kejadian atau melihat potensi gangguan Kamtibmas agar segera melaporkan kepada pihak Kepolisian dan tidak segan-segan melaporkan kejadian tersebut kepada Polisi.

“Jadi, kegiatan Jum’at Curhat inikan sebagai sarana silaturahmi dan sebagai wujud interaksi secara langsung antara Polri dengan masyarakat yang berkaitan dengan Kamtibmas, jadi menindaklanjuti penyampaiaannya Pak Jhon tadi kami akan mengerahkan unit patroli dari Polres maupun Polsek Malinau Kota ke lokasi-lokasi tertentu pada malam hari secara intens, termasuk Terminal ini. Untuk kegiatan patroli ini sebenarnya sudah kita lakukan, namun demikian kami juga berharap agar masyarakat juga ikut berpartisipasi menjaga keamanan di Desa masing-masing maupun lokasi-lokasi tertentu dan tentunya jangan ragu menghubungi pihak Kepolisian jika mengetahui gangguan Kamtibmas seperti tadi,” terang IPTU Maruli Gultom

Tak hanya itu, Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom juga turut berpesan dan menghimbau kepada para driver komunitas Supir Travel agar dalam berkendara tidak ugal-ugalan, karena keselamatan dalam berkendara harus diutamakan. 

“Jadi kami himbau juga kita saling menghargai dan menghormati sesama driver untuk mencegah terjadinya gesekan antar driver maupun warga sekitar. Saya juga minta tetap mengutamakan keselamatan saat berkendara, tetap ikuti prosedur yang ada dan tentunya tertib juga dalam berlaluliintas,” tambahnya

Dengan adanya komunikasi dalam kegiatan Jum’at Curhat ini, diharapkan akan terjalin hubungan yang baik antara Polri dan masyarakat.

“Kami tidak bisa menjaga keamanan Kabupaten Malinau (Bumi Intimung) ini sendiri tanpa adanya do’a, dukungan dan bantuan dari masyarakat, untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan terjalin sinergitas. Silahkan hubungi Bhabinkamtibmas setempat atau Kepolisian terdekat jika melihat atau mengetahui adanya gangguan Kamtibmas yang meresahkan masyarakat,” tutupnya(CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!