Satgas Pengendali Karhutla Polsek Jaya Karya Laksanakan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Polres Kotim – Kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana yang memiliki indeks resiko tertinggi. Menyikapi hal tersebut Satgas Karhutla Polsek Jaya Karya Polres Polres Kotim (Kotawaringin Timur) Polda Kalteng melaksanakan patrol, monitoring lapangan dan Ground Check Titik Hotspot Desa Lampuyang Kec.Teluk Sampit Kab. Kotim Prov.Kalteng.

Dalam kegiatan tersebut Personil Poslap Pospol Teluk Sampit Polres Kotim melakukan Ground Check Titik Hotspot titik Hotspot pada koordinat ada koordinat S -3.09597, E 112. 88211 Waktu Akuisisi Jum’at, 18 Agustus 2023 13:05:00 WIB. dengan Tingkat Kepercayaan (TK) : Medium Satelit : NASA- SNPP dengan Jarak areal kebakaran kurang lebih 3,5 Km dari Jalan Aspal Samuda – Ujung Pandaran Desa Lampuyang Kec.Teluk Sampit Kab.Kotim dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua dan jalan kaki menuju ke lokasi, setibanya pada lahan terbakar, Personil Pospol Teluk Sampit Polsek Jaya Karya yang tergabung dalam Poslap Teluk Sampit melakukan pemadaman di lokasi yang terbakar dengan menggunakan ranting pohon dan saat ini kondisi di lahan terbakar sudah padam.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani,S.I.K.,M.M mengatakan bahwa petugas gabungan disamping melaksanakan Ground Check Titik Hotspot juga melakukan pemadaman pada areal yang terbakar bersama TIM BPBD dan MPA (Masyarakat peduli api) namun pemadaman tersebut terkendali dengan beberapa faktor diantaranya Tekstur tanah berupa tanah gambut dan tidak adanya sumber air dikarenakan parit/selokan dalam keadaan kering.

“Saat ini masih musim kemarau dan ada fenomena elnino yang bisa berdampak negatif di saat kemarau khususnya di wilayah Kotim, kami mengajak masyarakat Kotim untuk bersama-sama dalam mencegah terjadinya Karhutla,” Tuturnya. (hms_spt)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!