Polres Kotim Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Polres Kotim – Menindak Lanjuti Program Prioritas Polres Kotim terutama dalam penanganan Karhutla, Polsek Jaya Karya Polres Kotim telah mengamankan seorang terduga pelaku pembakaran hutan dan lahan di Jalan Trans Handil Sohor Rt.015 Rw.004 Desa Handil Sohor Kec. Mentaya Hilir Selatan Kab. Kotim Prov. Kalteng.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani,S.I.K.,M.M melalui Kapolsek Jaya Karya AKP Supriyono,S.H mengatakan, kronologis penangkapan terduga berawal dari Team Poslap (Pos Lapangan) Karhutla Mentaya Hilir Selatan melakukan pengecekan titik Hotspot sebanyak 6 (enam) titik di Desa Handil Sohor Kec. Mentaya Hilir Selatan. Setibanya ditempat kebakaran, tim di sekitaran TKP didapati terlapor dan setelah di minta keterangan bahwa terlapor mengakui perbuatannya bahwa dia dengan sengaja yang membakar lahan tersebut menggunakan korek api mancis warna kuning pada rumput ilalang, Minggu (04/08/2019) sore.

“Terlapor sekarang ini dalam proses penyidikan, Adapun pasal yang di sangkakan yaitu Pasal 187 huruf 2e KUHPidana dengan ancaman pidana 15 tahun penjara,” Pungkasnya.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani, Sik MM mengatakan bahwa Polres Kotim telah memaksimalkan berbagai upaya dan meningkatkan kerja sama dengan masyarakat dan stakeholder terkait dalam penanganan Karhutla melalui berbagai kegiatan kepolisian terpadu, antara lain : kegiatan pre emtif berupa sosialisasi dan penyuluhan, kegiatan preventif berupa patroli di berbagai lokasi rawan Karhutla dan kegiatan represif terhadap para terduga pelaku Karhutla. Selain itu Polres Kotim juga aktif dalam kegiatan pemadaman titik api. Sebagai langkah inovasi pemantauan titik Hot Spot, Polres Kotim telah memasang Monitor di Ruang Lobi Polres Kotim yang di fungsikan untuk memantau langsung titik api melalui aplikasi sipongi dan aplikasi Nasa. (hms_spt)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!