Kapolres Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan dan Pengaturan Lalin di Malam Penutupan PGD XII Sekadau

SEKADAU, Polda Kalbar – Pekan Gawai Dayak ke-XII Kabupaten Sekadau secara resmi telah berakhir, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sekadau Aron, S.H., dan dihadiri oleh sejumlah pejabat serta tokoh adat se- Kabupaten Sekadau.

Usai mengikuti prosesi penutupan Pekan Gawai Dayak, Kapolres Sekadau AKBP Suyono, S.I.K., S.H., M.H., turun langsung untuk melakukan penyisiran area Rumah Betang. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara, di Rumah Betang Youth Center, Sabtu (22/7/2023) malam.

Lautan manusia memadati lokasi Rumah Betang Youth Center. Tak hanya dari Kabupaten Sekadau, ribuan pengunjung dari Kabupaten Sanggau, Sintang dan Melawi juga datang untuk menyaksikan pertunjukan seni budaya dan stand-stand UMKM di acara Pekan Gawai Dayak.

Polres Sekadau secara langsung dibawah kendali Kapolres mengerahkan sejumlah 150 personel untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi. Pengamanan juga diback-up oleh personel TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan kabupaten Sekadau.

Kemacetan lalu lintas terjadi tidak hanya di area jalur masuk lokasi, tapi juga di sepanjang jalan utama kota Sekadau diantaranya di Jl. Merdeka Barat, Jl. Merdeka Selatan hingga Jl. Merdeka Timur. Personel Pengamanan dipusatkan di simpang Jl. Panglima Naga dan Jl. Merdeka Selatan untuk mengurai kemacetan.

“Kita berlakukan sistem buka tutup secara bergantian di akses menuju lokasi dari Jl. Merdeka Barat dan dari Jl. Merdeka Selatan ke simpang Jl. Panglima Naga supaya tidak terjadi penumpukan massa maupun kendaraan di area Rumah Betang,” jelas Kapolres.

Kapolres menyebut, petugas pengamanan khususnya Satlantas sempat kuwalahan mengatur arus lintas mulai pukul 19.30 sampai pukul 23.00 malam lantaran padatnya kendaraan yang melintas.

Namun hal itu dapat dikendalikan berkat kerjasama yang baik antara personel pengamanan, panitia maupun pengunjung sehingga rangkaian acara malam penutupan Pekan Gawai Dayak ke-XII Kabupaten Sekadau berlangsung dengan aman dan lancar.

“Terimakasih kepada suluruh pihak, tak terkecuali juga kepada masyarakat pengunjung yang telah mensukseskan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sekadau dengan lancar, aman dan kondusif,” ucap Kapolres di lokasi acara.

Kapolres juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sekadau maupun pihak-pihak terkait, dan turut bangga karena Kabupaten Sekadau memiliki potensi budaya yang menjadi daya tarik pengunjung secara lokal maupun global. (Cs)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!