Kapolsek Toba Pimpin Mediasi Permasalahan Pencurian TBS

Sanggau, Polda Kalbar – Polsek Toba melaksanakan Mediasi Upaya Penyelesaian terkait dugaan Tindak Pidana Pencurian TBS Sawit milik PT. SAP, yang dilakukan oleh Hasannudin dan Edi Mahyudin. Giat mediasi dilaksanakan di Aula Pertemuan Polsek Toba Dusun Teraju Barat Desa Teraju Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau.

Kegiatan Mediasi diinisiasi oleh Polsek Toba dipimpin oleh Kapolsek Toba Iptu Nana Supriatna serta dihadiri Kawil Teraju Barat Andreas Riki, Kadat Teraju Barat K. Kamen, Kadat Pangkalan Tukas H. Ligan, Manager Divisi PT SAP Ary Wibowo, A.Md, Chief Palmindo Giyono dan Perwakilan Keluarga Pelaku.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Toba menyampaikan agar Permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara baik dan bijak dikarenakan mengingat kerugian dibawah 2.500.000,- yang mana sebelumnya sudah ada kesepakatan antara pihak PT SAP dengan perangkat adat Desa Setempat untuk dilakukan kepengurusan adat terhadap pelaku.

Sementara Perwakilan menajemen Sdr. Aryono Wibowo A.Md menjelaskan bahwa pihak perusahaan akan menjunjung tinggi hasil kesepakatan yang sudah dibuat terkait Tindak Pidana Pencurian diruang lingkup perusahaan yang mana tertuang kerugian akibat Pencurian yang baru sekali dilakukan pelaku yang nilai kerugiannya dibawah 2.500.000 akan diarahkan keranah adat.

“Terkait tindakan yang telah dilakukan oleh pelaku maka pelaku dikenakan sanksi adat setempat dan pelaku juga dikenakan denda dari pihak korban (PT.SAP),” terangnya.

Dirinya menyampaikan bahwa Mediasi yang dilakukan mendapatkan hasil kesepakatan yang dituangkan secara tertulis berupa Berita Acara dan Surat pernyataan yang dibuat oleh kedua belah pihak.

Iptu Nana Supriatna mengatakan Mediasi yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari adanya kesepakatan bersama yang dilakukan antara perusahaan perusahaan yang ada di kecamatan Toba dengan pihak pengurus adat seluruh desa dikecamatan Toba dengan difasilitas oleh Muspika Kecamatan Toba.

“Alhamdulillah, Dengan Upaya Penggalangan maupun pendekatan yang dilakukan Polsek Toba, permasalahan dapat diselesaikan,” pungkasnya.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!