Kapolres Subang hadiri dan pimpin pengamanan kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno saat mencanangkan desa Cibeusi Sebagai Salah Satu Desa Wisata Terbaik di Indonesia.

SUBANG- Sebanyak 65 Personel Polres Subang laksanakan kegiatan pengamanan kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno, yang di Pimpin Oleh Kasubag Dal Ops Polres Subang AKP Asep Rahmat, S.Ip.

Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan, Beberapa kali Polres Subang melakukan kegiatan ekonomi kreatif di desa desa yang ada di Kab. Subang, tujuannya membantu akselerasi pertumbuhan ekonomi di desa tersebut.

“Kami dari jajaran Kepolisian turut mendukung terpilihnya salah satu desa yang ada di Subang masuk dalam desa wisata dan tentunya terus berkolaborasi di Disparpora dan DKUPP untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, melestarikan seni budayanya namun tetap menjaga lahan lahan pertaniannya.” tutur Sumarni.

Kaya dengan keindahan alamnya, kini Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater masuk dalam salah satu dari 75 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Penobatan Desa Cibeusi sebagai Desa Wisata Terbaik langsung dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Jumat, 07 April 2023.

Sandiaga Salahuddin Uno mengaku kagum atas keindahan Desa Wisata Cibeusi Kab. Subang

“Saya sangat kagum dari tadi pagi melihat begitu banyak keindahan, bukan hanya alam tapi juga ragam budaya dan produk ekonomi kreatif dan ini menjadi penyemangat kita untuk membangkitkan Desa Wisata Cibeusi, Kab. Subang” ujarnya.

Kunjungan ini berlangsung di Curug ciangin Desa Cibeusi. Acara berlangsung meriah yang dihadiri puluhan masyarakat dan juga menampilkan beberapa seni kebudayaan Subang.

Adapun kriteria yang jadi bahan penilaian ADWI ada lima di antaranya dilihat dari daya tarik pengunjung, home stay, digital kreatif, souvernir dan kelembagaan Desa.
Kades Desa Cibeusi Wawan menyampaikan, Desa Wisata Cibeusi memiliki luas kurang lebih 1012 hektar dengan 60% masih wilayah hutan.

Desa Cibeusi memiliki kerapatan pohon yang padat dan memiliki banyak Curug diantaranya Curug ciangin, Curug Cibarebeuy, Curug Muara Jambu dan masih banyak lagi, termasuk ada wisata edukasi.

Di Desa Wisata Cibeusi mempunyai olahan makanan tradisional unggulan seperti nasi liwet beres hitam, nasi liwet beras merah, peyeum ketan, gula aren asli dan lain sebagainya.

Selain berkunjung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta tim juga memberikan sumbangan langsung berupa alat keamanan untuk pengunjung.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!