Optimakan Kinerja, Polda Banten Gelar Rakernis Fungsi Binmas

SERANG-GemilangNews.Com,- Dalam rangka mengoptimalkan kinerja fungsi Binmas, Ditbinmas Polda Banten menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Binmas di Hotel Horison Ultima Ratu pada Selasa (31/05). Acara diikuti oleh sekitar 300 personel yang didominasi oleh Bhabinkamtibmas, para Kasubbid di Ditbinmas, para Kasatbinmas Polres jajaran serta para perwira dan bintara di fungsi Binmas lainnya.

Rakernis yang bertemakan Mengefektifkan Tugas Preemtif Dalam Program Polri Presisi Dengan Mewujudkan Kamtibmas yang Kondusif Dalam Rangka Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional di Banten dibuka oleh Irwasda Polda Banten Kombes Pol. Eko Kristianto dengan dihadiri oleh Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol. Sofwan Hermanto dan beberapa Pejabat Utama Polda Banten lainnya. Sementara itu, peserta Rakernis berasal dari Satker Ditbinmas 25 personel, Polresta Tangerang 34 personel, Polresta Serang Kota 30 personel, Polres Serang 31 personel, Polres Cilegon 31 personel, Polres Pandeglang 22 personel, Polres Lebak 71 personel.

Dalam sambutannya Kombes Pol. Eko Kristianto menyampaikan bahwa fungsi Binmas saat ini menjadi ujung tombak fungsi preemtif kepolisian sekaligus problem solver di tengah masyarakat, sehingga peningkatakan kemampuan para Bhabinkamtibmas mutlak dibutuhkan untuk optimalisasi kinerja. “Pendekatan preemtif dan pemecahan masalah dengan kearifan lokal oleh personel fungsi Binmas menjadi kunci untuk mencegah terjadinya konflik sosial dan permasalahan sosial yang besar lainnya” kata Eko.

Untuk itu, saat ini memang perlu dipersiapkan dan dieksekusikan langkah-langkah strategis di fungsi Binmas dalam menjalankan tugas sehari-hari di masyarakat. “Kunjungan secara door to door sistem dengan aktif, deteksi dini dan patroli dialogis serta aktif mengedukasi warga desa menjadi strategi yang harus kontiniu dilakukan personel fungsi Binmas” tegas Eko. Pasca pembukaan, Eko kemudian menyematkan tanda peserta Rakernis kepada perwakilan peserta sebagai tanda dimulainya Rakernis tersebut.

Untuk memperkaya pengetahuan personel fungsi Binmas, panitia telah mengagendakan pemateri-pemateri handal baik internal dan eksternal dengan materi-materi yang faktual seperti Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol. Shinto Silitonga dengan Literasi Digital, tokoh agama KH. Embay, Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Banten, Ketua Abujapi BPD Banten dan narasumber lainnya.

Dirbinmas Polda Banten pada bagian akhir menyatakan bahwa kegiatan Rakernis ini menjadi agenda tahunan yang memang sudah direncanakan dalam anggaran Ditbinmas. “Kita manfaatkan agenda tahunan ini untuk bisa meningkatkan kemampuan personel fungsi Binmas sekaligus mengevaluasi pencapaian personel selama 1 tahun bekerja dan memformulakan strategi penting dalam menghadapi kegiatan pada tahun mendatang,” kata Sofwan Hermanto. Sebagai Kasatker dan pembina fungsi Binmas di kewilayahan, personel perlu untuk terus menerus dimotivasi tidak hanya mahir dalam menjalankan tugas di lapangan, namun juga mahir dalam memainkan fungsi manajerial. “Kami optimis personel fungsi Binmas akan menjadi garda terdepan di kepolisian untuk mencegah konflik sosial dan memelihara kondusifitas di lingkungan sosialnya masing-masing.” tutup Sofwan. (Bidhumas).

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!