Dinsos Respon Cepat Aduan ODGJ Yang Meresahkan Warga Kemayoran

GemilangNews.Com | Jakarta – Minggu Sore 19 September 2021 warga Kemayoran ajukan aduan terkait ODGJ yang berkeliaran di sekitaran Kemayoran tepatnya di sekitaran Kapolres Jakarta Pusat ke Dinas Sosial (Dinsos).

Petugas piket Danru (Komandan Regu) dari Dinas Sosial yang di pimpin Yanti dan 5 petugas lainnya segera menuju lokasi untuk memastikan keberadaan ODGJ tersebut.

Tibanya di lokasi ia sempat bebincang dengan beberapa warga mengumpulkan informasi keberadaan ODGJ dan keluarganya.

“Jadi kalau masih ada keluarganya. Kita tidak bisa langsung tangkap, perlu koordinasi terlebih dulu kepada pihak keluarga, jika ada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di jalan. Sebelum mengantarkannya ke panti disabilitas mental, kita harus mencari tahu dulu mengenai identitas dan keluarga dari ODGJ tersebut. Harus ada pendekatan yang bersahabat dan tidak asal tangkap, dengan mengajak ngobrol dan menemui keluarga PMKS jika ada. Dia (ODGJ) sudah pernah kami ajak ngopi dan ngobrol, sambil nunggu petugas yang bawa mobil, setelah ngopi dia kabur”kata Yanti..

Setalah mendapat informasi dari warga Yanti dan beberapa petugas lainnya menelusuri rumah ODGJ yang berada di Kelurahan Utan Panjang Kemayoran Jakarta Pusat, saat mencari rumah kondisi cuaca wilayah Kemayoran hujan dalam itensistas sedang, dirinya juga berkoordinasi dengan LMK tingkat RW, hingga akhirnya menemukan rumah pihak Keluarga tersebut.

Setelah menjelaskan maksud dan tujuan dirinya dan petugas menyandangi rumahnya, pihak keluarga merasa keberatan untuk di bawa ke Panti Sosial,

“Tadi sudah kita jelaskan kepada pihak keluarga bahwa kita akan jemput anaknya, mobil sudah kita siapkan di depan Polres Jakarta Pusat, namun pihak keluarga masih ingin merawatnya dan berjanji untuk menjaga dan berobat”imbuhnya.

Pihaknya juga bersedia untuk mendampingi pasien ODGJ jika ingin berobat, dan siap untuk mengantarkannya dengan mobil dari dinas sosial.

“kami akan dampingi terus pihak keluarga jika ingin berobat, nanti biar kami antar pake mobil dinas sosial, memang selain pendampingan ada juga fasilitas yang bisa masyarakat gunakan jika diperlukan, kami standby termasuk hari-hari libur, kebetulan saya piket hari minggu ini, saya ditugaskan di dua kecamatan, Kemayoran dan Johar Baru.”jelasnya

Yanti menambahkan menurutnya jika warga melaporkan PMKS bukan berarti membuat hidup mereka sulit karena ‘ditangkap’. Justru, dapat membantu petugas dalam merawat kemanusiaan di Ibu Kota.

“kami ini kerjaannya memanusiakan manusia.”tambahnya.

Sementara pihak keluarga atas arahan petugas akan menyiapkan berkas seperti KTP dan mengurus BPJS agar pasien ODGJ dapat segera berobat.

Taufik warga Kemayoran mengapresiasi petugas dari dinas sosial, dimana laporan warga segera ditanggapi, walau hari minggu dan cuaca hujan.

“Dia (ODGJ) sering berkeliaran disini, memang ngga ganggu warga secara fisik, tapi kadang celananya suka kebuka, jadi beberapa warga kadang merasa risih, luar biasa dinsos cepat tanggap walau cuaca hujan tetap melaksanakan tugasnya terhadap aduan warga”jelasnya. (frs/Dali)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2021/09/19/dinsos-respon-cepat-aduan-odgj-yang-meresahkan-warga-kemayoran/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2021/09/19/dinsos-respon-cepat-aduan-odgj-yang-meresahkan-warga-kemayoran/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: gemilangnews.com/2021/09/19/dinsos-respon-cepat-aduan-odgj-yang-meresahkan-warga-kemayoran/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2021/09/19/dinsos-respon-cepat-aduan-odgj-yang-meresahkan-warga-kemayoran/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!