Koramil 403-02/Peninjauan OKU Beri Pelatihan Saka Wira Kartika

OKU-GemilangNews.com

Koramil 403-02/Peninjauan Kodim 0403/OKU menggelar latihan terhadap 40 orang anggota Pramuka dari SMA Negeri 7 OKU Kecamatan Peninjauan yang tergabung dalam Saka Wira Kartika bertempat di lapangan SMA Negeri 7 OKU, Rabu (27/3/2019).

Komandan Koramil 403-02/Peninjauan Kapten Inf Supriyono yang diwakili Bati Tuud Pelda Aris Biantoro mengungkapkan, latihan tersebut digelar rutin oleh Koramil 403-02/Peninjauan kepada anggota Pramuka, khususnya Saka Wira Kartika binaan Koramil 403-02/Peninjauan.

Ada beberapa materi yang diberikan kepada anggota Pramuka. Diantaranya materi cinta tanah air dengan menghayati dan memberi penjelasan arti pentingnya berbangsa, menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme, termasuk menumbuhkan rasa soliditas dan loyalitas dalam organisasi.

“Kemudian sebagai organisasi kepanduan, anggota Pramuka juga diberikan pemahaman agar sadar berbangsa dan bernegara serta cara menyikapi hal-hal pengaruh negatif yang mulai masuk ke generasi muda saat ini,” ujar Pelda Aris Biantoro.

Selain itu, lanjut Pelda Aris, siswa juga diajarkan cara membaca peta, navigasi darat, kompas siang serta permainan yang mengasah kerja sama dan soliditas antar anggota Pramuka. “Pramuka merupakan salah satu bagian dari tugas aparat teritoral dalam suatu pembinaan yang tentunya sangat membantu dalam penanganan apabila terjadi bencana alam banjir, tanah longsor, dan sebagainya untuk tenaga kemanusiaan, khususnya terjadi diwilayah sendiri,” lanjut Bati Tuud Peninjauan.

Kegiatan semacam ini, kata Pelda Aris, akan terus dilakukan sebagai bentuk pembinaan kepada generasi penerus bangsa. Karena tujuan kegiatan ini sangat penting guna membentuk mental dan kepribadian yang tangguh, disiplin, semangat berorganisasi.

“Anggota Pramuka harus tetap memiliki rasa rendah hati, memiliki rasa kasih sayang, nasionalis serta menumbuh suburkan kecintaan terhadap alam. Kedepan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan kepada anggota Pramuka, khususnya di wilayah binaan Koramil 403-02/Peninjauan”, pungkasnya. (np/ril)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: gemilangnews.com/2019/03/27/koramil-403-02-peninjauan-oku-beri-pelatihan-saka-wira-kartika/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2019/03/27/koramil-403-02-peninjauan-oku-beri-pelatihan-saka-wira-kartika/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!