Pentingnya Dana Desa Untuk Membangun Sumber Daya Manusia

DELI SERDANG-GemilangNews.Com

Di hadapan ribuan penggiat desa se-Provinsi Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo tekankan pentingnya Dana Desa bukan hanya untuk membangun infrastruktur, namun juga untuk membangun Sumber Daya Manusia dan Peningkatan Perekonomian warga Desa.

Presiden juga berpesan agar Dana Desa yang besar tersebut harus dikelola oleh Desa dengan baik, tepat pengelolaannya dan Pendamping Desa diakui memiliki peran yang penting agar pembangunan Desa tidak boleh setengah-setengah.

Turut hadir dalam rapat Koordinasi Pengendalian Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko P. Sandjojo, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Menurut Eko P. Sandjojo, rapat koordinasi penggiat desa tersebut diikuti lebih dari 3000 peserta yang terdiri dari 942 Tenaga Pendamping Profesional, 313 Kader Posyandu, 311 PAUD dan 1300 Pengurus BUMDES se-Provinsi Sumatera Utara.

Eko juga mengatakan, pihak Kemendes PDTT juga telah menerbitkan regulasi terkait 4 (empat) Program Prioritas Penggunaan Dana Desa yang tertuang dalam Permendes PDTT Nomor 19/Tahun 2017. Titik tekan regulasi tersebut, lanjut Eko. “Yaitu Satu Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan, Kedua Pengelolaan Kelembagaan Ekonomi Melalui BUMDes dan BUMDes Bersama, dan yang ketiga Embung Desa, selanjutnya Keempat Sarana Olahraga Desa.

“Regulasi ini tidak bermaksud memangkas kewenangan desa, tetapi justru untuk menguatkan kohesi antara pembangunan nasional, daerah dan desa”, ungkapnya dalam rilis yang disampaikan ke roporter portal media ini dari Ruang Balairung Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin, (08/10/2018).

Lebih lanjut menurut Eko, terkait arahan Presiden tentang Pengelolaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, telah dilakukan mekanisme pembangunan desa dengan sistem Padat Karya Tunai dengan sistem swakelola, dengan mengalokasikan 30% dari APBDesa untuk upah tenaga kerja.

“Perencanaan, Pelaksanaan dan  pemanfaatan Dana Desa yang didampingi oleh para pendamping desa yang tersebar di seluruh pelosok Desa hendaknya berjalan optimal demi mewujudkan cita-cita Desa yang makmur dan mandiri,” Pungkasnya.

Reporte: Yuli/Ril

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More Information here on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/08/pentingnya-dana-desa-untuk-membangun-sumber-daya-manusia/ […]

  2. … [Trackback]

    […] There you can find 95816 more Info to that Topic: gemilangnews.com/2018/10/08/pentingnya-dana-desa-untuk-membangun-sumber-daya-manusia/ […]

  3. … [Trackback]

    […] There you can find 28482 more Information on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/08/pentingnya-dana-desa-untuk-membangun-sumber-daya-manusia/ […]

  4. … [Trackback]

    […] There you can find 25865 additional Information on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/08/pentingnya-dana-desa-untuk-membangun-sumber-daya-manusia/ […]

  5. … [Trackback]

    […] Here you can find 15518 more Info on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/08/pentingnya-dana-desa-untuk-membangun-sumber-daya-manusia/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!