Wujudkan “Kampung Gaul”, 131 Desa di Purwakarta Tahun Ini Terkoneksi WiFi

PURWAKARTA-GemilangNews.Com

Program Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi membuat “Kampung Gaul” yang tersebar di seluruh desa di Purwakarta nampaknya terwujud tahun ini. Sebanyak 60 desa dari total 131 desa di Purwakarta kini sudah terkoneksi jaringan internet.
Sebagaimana diketahui, program ini bertujuan menciptakan desa yang “melek” internet agar promosi potensi dan hasil pembangunan di pedesaan dapat terpublikasi secara real time.
Kepala Bidang Jaringan Teknologi Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Purwakarta, Enung Asikin menyebut desa yang belum memiliki jaringan internet ada 71 desa dan akan segera terkoneksi tahun ini. Kecepatan jaringan sebesar 2 mbps sudah dapat dinikmati di 60 desa yang sudah terkoneksi.
“Sisanya pertengahan tahun ini sudah bisa selesai,” singkatnya hari ini Kamis (13/4) di kantornya,, Jalan Mr Dr Kusuma Atmadja, Purwakarta.
Asikin pun menambahkan bahwa jaringan internet yang digunakan oleh desa di Purwakarta merupakan jaringan satelit yang sudah disesuaikan dengan tipologi kontur wilayah pedesaan yang terdiri atas perbukitan yang kerapkali sulit menerima sinyal. Untuk kegiatan ini, pihaknya mengaku menghabiskan dana sebesar Rp900 Juta.
“Kita gunakan jaringan satelit, karena kan biasanya desa sulit sinyal. Anggarannya Rp900 Juta,” katanya menambahkan.
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah menyediakan spot WiFi yang tersebar di beberapa titik di daerah perkotaan. Warga dalam dan luar Purwakarta bebas mengaksesnya melalui free-pwk.istimewa@wifi.id.
Area Taman Air Mancur Sri Baduga di Jalan KK Singawinata, Taman Maya Datar dan Taman Pancawarna di kompleks Setda Kabupaten Purwakarta di Jalan Gandanegara, Taman Pesanggrahan Padjadjaran di Jalan Mr Dr Kusuma Atmadja, Taman Pembaharuan di Jalan Babaru Nagari menjadi spot favorit warga untuk menggunakan jaringan internet ini. Kecepatan internet di taman-tersebut mencapai 50-60 mbps.
“Untuk daerah kota sudah kita lakukan pemasangan sejak lama, kecepatannya kita tambah menjadi 100 mbps plus akses 24 Jam non stop,” tandasnya.
Jumlah desa di Purwakarta sendiri mencapai 183 Desa. Seluruh desa ini ditargetkan dapat dijangkau oleh Program “Kampung Gaul” pada awal Tahun 2018 mendatang.

Reporter: Ones

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2017/04/13/wujudkan-kampung-gaul-131-desa-di-purwakarta-tahun-ini-terkoneksi-wifi/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: gemilangnews.com/2017/04/13/wujudkan-kampung-gaul-131-desa-di-purwakarta-tahun-ini-terkoneksi-wifi/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Here you can find 44284 additional Info to that Topic: gemilangnews.com/2017/04/13/wujudkan-kampung-gaul-131-desa-di-purwakarta-tahun-ini-terkoneksi-wifi/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!