TINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBIDIK KAPOLRES PURWAKARTA AJAK ANGGOTANYA LATIHAN MENEMBAK

PURWAKARTA-GemilangNews.com

Latihan menembak merupakan latihan yang rutin di lakukan oleh personil polri di lingkungan Polres Purwakarta, adapun tujuan dari latihan menembak tersebut,selain mengasah kemampuan,juga guna melumpuhkan para pelaku kejahatan, dan tindak kriminal yang bertebaran di jalanan.

Kemampuan menembak tersebut harus dimiliki oleh seluruh anggota Polri. Kemampuan ini diperlukan oleh seluruh anggota jajaran kepolisian. Gunanya tentu saja untuk menghadapi pelaku tindak kriminal, atau bisa saja sewaktu-waktu dihadapkan dengan kondisi mendesak,ujar kapolres purwakarta AKBP Hanny Hidayat SIK., SH., MH saat di konfirmasi. 

Masih menurut Kapolres Purwakarta mengasah kemampuan dan keterampilan tersebut yang salah satunya dengan cara menembak dengan menggunakan senjata api,adapun jenis senjata api yang di gunakan dalam pelatihan menembak yaitu,jenia Pistol Revolver dengan Kaliberr 38, Senjata genggam/Hand gun jenis G lock dengan memiliki kaliber hingga peluru 9mm Fulk Metal Jacket,hingga Senjata Laras Panjang baik yang Standart seperti  Senapan SS1 buatan Pindad,Reguler Mini,/M14 sampai penggunaan Senapan Laras Panjang  Jenia Bullpup yang terbaru dengan Kaliber 5,56 mm”, terangnya.

Masih menurut Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat SIK., SH. MH. Latihan menembak ini bertujuan meningkatkan tekhnik dan taktik serta guna meningkatkan kemampuan para personil dalm menggunakan senjata api baik yang laras panjang maupun yang laras pendek,sehingga pada saat melaksanakan tugas di lapangan sudah bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran atau kesalahan prosedur dalam penggunaan senjata api,adapun pelaksanaan latihan menembak tersebut di laksanakan  pada hari Sabtu  (04/03) dimulai pukul 07.00 WIB di Lapangan Pusdik Sabhara Polres Purwakarta. 

Adapun sebelum dilakukan latihan menembak, terlebih dahulu seluruh Anggota yang mengikuti giat tersebut di apelkan dan diberi arahan oleh Instruktur tentang cara menembak mulai dari cara memegang senpi yang benar, cara membidik sasaran dengan melihat terlebih dahulu garis bidik baru kemudian satukan dengan poros, selanjutnya sikap dalam melakukan tembakan (ada 2 cara yaitu yang pertama berdiri dengan menggunakan 1 tangan dan cara yang kedua adalah berdiri dengan menggunakan 2 tangan akan tetapi yang paling efektif untuk melakukan tembakan adalah berdiri dengan menggunakan 2 tangan), hingga cara menekan  Penarik / Picu senjata api dengan perlahan-lahan (tidak tergesah-gesah)”.

Kali ini setiap Penembak diberikan Amunisi oleh Instruktur sebanyak 13 Butir Peluru dengan jarak 15 meter dari sasaran tembak dan menggunakan cara / posisi berdiri dengan menggunakan 2 tangan dan 1 tangan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan anggota di bidang menembak, sebelumnya untuk para peserta menembak diwajibkan mengikuti tes psikologi guna syarat nantinya para anggota memegang senpi dinas, adapun maksud dan tujuan diselengarakan latihan menembak ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan memelihara kemanpuan perorangan”, Ujar Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat SIK., SH., MH.

Dalam pelaksanaanya,Alhamdulilah latihan menembak berjalan dengan tertib, aman, dan lancar dengan mengikuti petunjuk-petunjuk dan ketentuan dari sang instruktur.

Reporter: One

CopyAMP code

JELAJAHI