Ingin Sukses, Bekali Siswa dengan Ketrampilan Literasi

MAKASSAR-GemilangNews.Com

Menyitir penelitian yang dilakukan oleh Antilla dari Northern Michigan University tahun 2013, Jamaruddin, Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sulsel menyatakan ketrampilan literasi semenjak kecil sangat menentukan kesuksesan siswa baik di sekolah maupun dalam kehidupannya di masa depan, “Memastikan praktik literasi sukses dilakukan semenjak dini, tidak hanya akan memastikan  anak-anak bisa menangkap mata pelajaran di sekolah dengan baik,   tetapi juga akan menjadi bekal keberhasilan menjalani masa sekolah berikutnya dan masa depannya,” ujarnya, (14/02).

Untuk memastikan bahwa semenjak kecil anak-anak memiliki ketrampilan literasi dan sikap positif terhadap kebiasaan membaca, USAID PRIORITAS telah mengenalkan buku bacaan berjenjang.  Program ini mencakup hibah sekitar 8 juta buku disertai pelatihan penggunaan buku tersebut ke 13000 sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di 9 provinsi yang menjadi mitra USAID PRIORITAS. Buku disebut buku bacaan berjenjang karena  digunakan bertingkat   dengan mempertimbangkan psikologi anak dan pembelajaran yang harus menyenangkan dan mengaktifkan siswa.

Untuk memastikan implementasi hibah, pelatihan penggunaan buku dan pendampingannya, bukan hanya diadakan monitoring dan evaluasi, namun pejabat-pejabat USAID dan juga RTI (Research Triangle Institute), partner utama program USAID PRIORITAS,  juga sering turun ke lapangan.

Setelah Erin McKee, Direktur Misi USAID PRIORITAS turun meninjau di sekolah-sekolah mitra USAID PRIORITAS di Sulawesi pada akhir Januari, Melinda Taylor, Vice President International Education RTI juga berkunjung ke mitra sekolah USAID PRIORITAS yang menjadi sekolah lab Universitas Negeri  Yogyakarta di Jawa Tengah yaitu SDN Ngoto, Sleman, Yogyakarta (10/2).

“Buku bacaan berjenjang digunakan guru untuk melatih siswa memahami isi buku dan sekaligus menumbuhkan minat membaca siswa. Kegiatan ini bila dibudayakan akan meningkatkan kemampuan literasi yang bermanfaat bagi siswa untuk mempelajari mata pelajaran lainnya dan menjadi bekal untuk kesuksesan hidupnya di masa depan,” kata Melinda di sela-sela kunjungannya.

“Dampak dari buku bacaan berjenjang di sekolah-sekolah mitra sangat nampak kelihatan. Terutama anak-anak menjadi sangat suka dengan buku. Mereka menjadi antusias dan selalu ingin membaca. Hal ini dikarenakan metode bagaimana  cara membaca buku tersebut sangat luar biasa. Bahkan banyak anak-anak tertarik meniru-niru membuat sendiri buku bacaan berjenjang tersebut. Sikap positif terhadap kebiasaan membaca telah tumbuh dengan adanya buku ini,” ujar Irlidya, salah satu pendamping buku bacaan berjenjang dari Maros.

“Kalau semenjak dini anak-anak sudah menyukai membaca buku, menganggapnya sebagai kegiatan menyenangkan, ke depannya mereka akan potensial untuk terus menyukai membaca buku. Dengan demikian, saat dewasa mereka akan menjadi generasi terdidik. Zaman sekaran, literasi adalah ketrampilan penting untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari,” ujar Jamar.

USAID PRIORITAS adalah program lima tahun (2012-2017) bantuan USAID, untuk meningkatkan akses  pendidikan dasar yang berkualitas di Indonesia. Program ini bermitra dengan 17 LPTK dan 31 LPTK Konsorsium yang tersebar di 9 provinsi. Program ini telah melatih lebih dari 29.000 SD/MI dan SMP/MTs di hampir 100 kabupaten/kota di 9 provinsi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca yang menjangkau lebih dari 171.000 guru dan kepala sekolah, dan memberi manfaat  lebih dari 6,9 juta siswa.

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2017/02/14/ingin-sukses-bekali-siswa-dengan-ketrampilan-literasi/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: gemilangnews.com/2017/02/14/ingin-sukses-bekali-siswa-dengan-ketrampilan-literasi/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: gemilangnews.com/2017/02/14/ingin-sukses-bekali-siswa-dengan-ketrampilan-literasi/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!