Ajarkan Siswa Lestarikan Air

BOGOR-GemilangNews.Com

SISWA SD Kesatuan mengunjungi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng di Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, (27/10). Kehadiran 179 pelajar kelas V bersama sepuluh guru pembimbing itu untuk mengenal dan mempelajari teknologi pengolahan air yang dimiliki PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

Koordinator guru kelas V SD Kesatuan MF Lisa Pusparini mengatakan, kunjungan ke IPA Dekeng ini merupakan program pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Juga sekaligus pembelajaran langsung untuk penerapan dua mata pelajaran, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

“Jadi selain anak-anak bisa mengetahui bagaimana pengelolaan air baku dari sungai yang kotor menjadi air bersih yang siap minum, juga untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Karena setelah kunjungan ke IPA Dekeng, para siswa harus membuat laporan tertulisnya,”ungkapnya

SUDAH BERSIH: Kepala Sub Bagian Pengolahan PDAM Kota Bogor Rudi Hermawan menyiramkan air bersih hasil pengolahan IPA Dekeng kepada siswa SD Kesatuan di IPA Dekeng, Kamis (27/10). (foto: humas dan sosial)
SUDAH BERSIH: Kepala Sub Bagian Pengolahan PDAM Kota Bogor Rudi Hermawan menyiramkan air bersih hasil pengolahan IPA Dekeng kepada siswa SD Kesatuan di IPA Dekeng, Kamis (27/10). (foto: humas dan sosial)

Lisa berharap, setelah mendapat ilmu dari kunjungan ke instalasi dengan kapasitas produksi 1500 liter perdetik ini, para siswa bisa lebih menghargai air. Karena menurut Lisa, mengelola air baku menjadi air siap minum memerlukan proses yang rumit dan mahal.

“Kami ingin mengajarkan para siswa untuk dapat melestarikan air sejak dini. Karena air itu merupakan sumber kehidupan yang paling utama. Harapan kami, setelah kembali dari PDAM ini anak-anak bisa menyampaikan ke keluarga atau teman-temannya agar bisa menghemat air,” ujar Lisa.

Lisa pun mengucapkan terima kasih kepada PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor yang telah berkenan menerima kunjungan dan berbagi ilmu dengan para siswa.  27-kesatuan-2

Rombongan SD Kesatuan diterima Kepala Sub Bagian Pengolahan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Rudi Hermawan. Bahkan Rudi sendiri yang memaparkan sistem pengolahan air dan mengajak para siswa berkeliling melihat fungsi-fungsi setiap unit IPA Dekeng.

Kepala Sub Bagian Humas dan Sosial PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Nerry Agustina mengatakan, PDAM selalu menerima dan menyambut baik setiap ada elemen masyarakat yang ingin mencari ilmu tentang pengelolaan air bersih.

“Ini juga sebagai langkah kami untuk mengenalkan usaha-usaha yang dilakukan PDAM dalam mengelola air agar bermanfaat bagi masyrakat, sekaligus mengenalkan teknologi pengolahan air sejak dini agar tumbuh kepedulian terhadap air,” kata Nerry, (humas dan sosial)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2016/10/27/ajarkan-siswa-lestarikan-air/ […]

JELAJAHI